oleh

Tiga Fakta Tentang Seks Oral

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Salah satu variasi yang bisa dilakukan saat bercinta adalah seks oral, yang harus diakui banyak disukai sekaligus dinikmati oleh para pria. Meskipun demikian, tentu ada risiko yang kemungkinan harus dirasakan bagi pasangan yang sering melakukan seks oral.

Apa saja sih yang Anda ketahui tentang seks oral? Dikutip dari meetdoctor.com, berikut uraiannya:
1 Risiko kanker kerongkongan
Bukan seks oral yang dapat secara langsung menyebabkan kanker, namun keberadaan virus human papilloma atau HPV. Area yang paling rentan mengalami kanker adalah area oropharynx yang ada di tengah kerongkongan dan tonsil.

Risiko terkena kanker kerongkongan, selain disebabkan oleh seks oral, juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman keras. Risiko tertular virus HPV di kerongkongan sama besar persentasenya antara pria dan wanita.

Pencegahan penularan virus HPV dapat dilakukan dengan melakukan vaksin yang dapat menghindarkan dari penyakit kelamin. Vaksin dapat diberikan pada mereka yang sudah berusia di atas sembilan tahun.

2. Efek psikologis
Biasanya yang membuat seseorang enggan melakukan seks oral adalah masalah kebersihan, selain tak ingin berada di bawah kendali pria. Menurut sebagian wanita, melakukan seks oral membuat mereka berada di bawah kontrol pria.

Meskipun demikian, sebagian pasangan lain justru menjadikan oral seks sebagai variasi dalam bercinta yang akan membuat kehidupan seksual selalu hangat dan harmonis.

3. Risiko penyakit menular seksual semakin tinggi
Tidak hanya virus HPV penyebab kanker yang bisa menyerang, virus lain seperti HIV, herpes, sifilis, gonore hingga hepatitis juga dapat menulari Anda yang gemar melakukan seks oral tanpa perlindungan.

Tingginya risiko penularan penyakit menular seksual berbeda-beda kemungkinannya pada tiap orang. Bergantung kepada seberapa sering dan berapa banyak pasangan melakukanseks oral.

Untuk mencegah terjadinya penularan penyakit kelamin, perlindungan perlu dilakukan sebelum melakukan seks oral, salah satunya dengan menggunakan kondom. Risiko penularan penyakit pada mulut, lebih tinggi dialami oleh para wanita dibanding pria lho. ** Baca juga: Cobain Foreplay yang Bikin Sesi Bercinta Tak Terlupakan

So, utamakan kebersihan dan pakailah pengaman saat melakukan seks oral.(ilj/bbs)

Berita Terbaru