oleh

Tiergarten Schonbrunn Jadi Kebun Binatang Tertua di Dunia

Tiergarten Schonbrunn.(bbs)
Tiergarten Schonbrunn.(bbs)

Kabar6-Kebun Binatang Vienna (Wina) atau dikenal dengan Tiergarten Schönbrunn merupakan salah satu warisan budaya UNESCO. Hal ini karena kebun binatang tersebut merupakan yang tertua dan pertama kali dibangun di dunia.

Secara resmi kebun binatang ini didirikan pada 1752 atas perintah dari Penguasa Roma saat itu, Francis I. Dilansir DetikTravel, saat itu Tiergarten Schönbrunn dimaksudkan untuk memamerkan koleksi hewan unik dari seluruh dunia khusus bagi lingkungan bangsawan.

Oleh karena itu, nenek moyang kebun binatang ini didirikan dalam lingkungan istana. Sebanyak 13 buah kandang yang pertama kali dibangun, didirikan di dekat paviliun kerajaan yang dipergunakan untuk sarapan resmi. Kebun binatang ini baru dibuka untuk umum pada 1779. Pada saat pertama kali dibuka tidak dipungut tiket masuk.

Kebun binatang ini mengalami pasang surut. Perang Dunia I dan II pernah membuat koleksi satwa di dalamnya menyusut dan mati. Saat ini Kebun Binatang Vienna merupakan salah satu kebun binatang di dunia yang memiliki koleksi Panda Raksasa dari Tiongkok. ** Baca juga: Jadi Viral, Pria Tiongkok Ini Punya Tato Mirip Kupon Undian

Ada empat ekor binatang lucu tersebut yang berada di sini. Berada di area seluas 17 hektare, Tiergarten Schönbrunn memiliki koleksi binatang lengkap mulai dari kelelawar sampai hewan kutub. Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru