oleh

Tidur Siang Tidak Bikin Berat Badan Bertambah

Kabar6-Tidur siang tidak hanya membantu Anda meredakan kantuk dan menjadi lebih waspada, tetapi juga membantu meningkatkan fungsi kognitif, memori jangka pendek, dan suasana hati Anda.

Beberapa manfaat tidur siang bagi kesehatan antara lain membantu meningkatkan daya ingat, mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, menenangkan saraf, meningkatkan kreativitas, serta meningkatkan mood. Juga meningkatkan kinerja yang lebih baik, termasuk waktu reaksi yang lebih cepat dan peningkatan memori, menurunkan risiko penyakit jantung, mengurangi kelelahan, dan membuat tubuh Anda rileks.

Waktu tidur siang yang ideal, melansir Boldsky, adalah 1,5 jam yang merupakan panjang dari siklus tidur normal. Selama 1,5 jam tidur siang, Anda akan mengalami tidur nyenyak selama sekira satu jam atau lebih diikuti oleh tidur ringan selama setengah jam terakhir.

Hal yang terbaik adalah bangun selama jam-jam terakhir tidur siang Anda, karena selama tidur ringan, Anda bisa bangun dengan perasaan segar dan waspada. Dengan demikian menghilangkan perasaan mengantuk yang berat itu.

Namun, jika Anda tidur terlalu lama yaitu lebih dari dua jam, kemungkinan Anda akan terbangun dengan perasaan lemas dan mengantuk. Jika Anda merasa siap untuk itu, Anda dapat tidur sebentar selama 10-15 menit, yang dapat meningkatkan kewaspadaan, kinerja kognitif, dan suasana hati segera setelah bangun.

Tidur siang yang kuat tidak akan membuat Anda mengantuk karena, selama 10-15 menit ini, tubuh Anda tidak tidur, tetapi menyegarkan pikiran dan tubuh Anda. Tidur siang di awal hingga pertengahan sore membantu Anda meremajakan lebih baik bila dibandingkan dengan tidur siang di waktu lain.

Namun tidur siang setelah makan berat tidak akan bermanfaat bagi tubuh. Mengapa begitu? Melansir tempo.co, bukan tidur siang yang menyebabkan kenaikan berat badan tetapi kebiasaan ke tempat tidur segera setelah makan siang. Tidur membakar kalori lebih sedikit daripada duduk atau berdiri tetapi itu tidak berarti Anda menghindari tidur.

Sementara tubuh Anda membutuhkan minimal delapan jam tidur untuk fungsi yang sehat, penurunan jam tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan, terutama ketika dikombinasikan dengan makanan berat.

Berbaring dengan perut ‘penuh’ mengganggu proses pencernaan dan juga menyebabkan naiknya asam lambung. Ketika Anda berbaring segera setelah makan siang dan tertidur, Anda tidak memberi tubuh Anda cukup waktu untuk memulai proses pencernaan dan mulai membakar lemak.

Menurut para ahli kesehatan, seseorang harus selalu menjaga setidaknya 1-2 jam jarak antara waktu makan dan waktu tidur siang untuk menghindari peningkatan berat badan. Karena selama waktu ini, tubuh Anda dapat mencerna makanan dan membakar lemak, tanpa disimpan dalam tubuh Anda, menyebabkan kenaikan berat badan.

Beberapa langkah ini akan membantu memaksimalkan tidur siang Anda, tanpa mengganggu tidur di malam hari. Pertama, tidur siang antara pukul 14.00 dan pukul 15.00. Itu adalah saat energi tubuh Anda berada pada titik terendah. ** Baca juga: 5 Camilan yang Bantu Kendalikan Nafsu Makan

Pastikan tidur siang Anda tidak melebihi 20-30 menit. Pilih tempat yang nyaman dan bantu tidur. Jangan minum kafein sebelum tidur siang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru