Tidur dalam Waktu Lama Tidak Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Meskipun tidur menjadi hal penting agar tubuh dapat memulihkan energi yang digunakan untuk beraktivitas sepanjang hari tadi, bukan berarti semakin banyak tidur akan semakin baik untuk kesehatan, lho.

Menurut penelitian dari National Sleep Foundation, tidur lebih lama dari sembilan jam dapat memberi pengaruh negatif untuk kesehatan. Menurut pakar, seperti dilansir womantalk, terdapat sejumlah efek negatif yang akan terjadi ketika Anda tidur terlalu lama. Apa sajakah itu?

1. Memberi efek seperti mabuk
Apakah Anda pernah merasa pusing dan pegal-pegal setelah tidur malam yang cukup panjang atau merasa bingung setelah bangun? Menurut pakar, ternyata hal itu adalah dampak dari tidur terlalu panjang.

Beberapa pakar bahkan menyebut dengan istilah sleep drunkenness. Efek tersebut adalah pengaruh dari ritme sirkadian alami yang dikeluarkan oleh tubuh ketika Anda tidur terlalu lama.

2. Insomnia
Ketika terlalu banyak tidur, Anda merasa tidak lelah dan segar sampai waktu tidur tiba. Dan hal inilah yang dapat memicu masalah tidur atau insomnia. Menurut pakar, kesulitan tidur setelah tidur lama membuat tubuh kesulitan untuk kembali tidur.

3. Tingkatkan risiko penyakit jantung & stroke
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Heart Association, tidur terlalu banyak setiap malam dapat meningkatkan risiko kematian dini akibat penyakit jantung atau stroke.

Hal ini semakin memperbesar kemungkinan jika Anda tidur lebih dari 10 jam setiap malam. Studi ini menunjukkan bahwa orang yang tidur selama 10 jam, sebanyak 30 persen lebih mungkin meninggal di usia dini, dan 50 persen lainnya kemungkinan memicu penyakit kardiovaskular. Jika Anda merasa kesulitan untuk bangun sedangkan tidur Anda sudah lama, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

4. Picu depresi
Sama seperti tidur terlalu sedikit, terlalu banyak tidur ternyata berhubungan dengan peningkatan risiko depresi. Menurut pakar, bila Anda merasa ingin tidur terus, itu bisa menjadi pertanda Anda mengalami sesuatu dalam kesehatan dan salah satunya bisa jadi pertanda dari depresi.

5. Tingkatkan risiko diabetes
Tidur terlalu lama juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Berdasarkan hasil penelitian dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, risiko diabetes terjadi karena terlalu banyak tidur dapat memngaruhi kemampuan tubuh untuk merespons kadar glukosa dalam darah yang dapat memicu risiko diabetes. ** Baca juga: Benarkah Jadi Gemuk Setelah Menikah Tanda Anda Bahagia?

Tidurlah dalan durasi yang wajar, agar saat bangun tubuh terasa lebih bugar, sehingga Anda siap untuk kembali beraktivitas.(ilj/bbs)