oleh

Tidak Timbulkan Ketergantungan, 5 Alternatif Pengganti Obat Tidur

Kabar6-Dalam kasus insomnia atau gangguan tidur, sering diatasi dengan pemberian obat tidur dengan dosis yang aman dan tidak akan menimbulkan kerugian. Namun, tergantung pada obat tidur tentu tidak baik dari segi kesehatan.

Bagaimana solusinya? Melansir Boldsky, berikut lima alternatif pengganti obat tidur yang sehat:

1. Terapi meditasi
Beberapa jenis gangguan tidur dapat diobati dengan menggunakan teknik meditasi, yang membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Meditasi juga membantu membersihkan alam bawah sadar, dan membuat lebih rileks tanpa menggunakan obat tidur.

Meditasi merupakan alternatif yang paling baik pengganti obat tidur untuk para orang tua. Lakukanlah meditasi secara rutin sebelum Anda tidur. Dengan pikiran yang tenang tentu Anda akan lebih mudah terlelap.

2. Seks
Seks bagi pasangan suami istri sangat baik untuk Anda yang mengalami gangguan tidur. Dengan seks dan orgasme, akan menginduksi pelepasan hormon-hormon yang akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang dan santai.

Seks juga baik untuk mengobati migrain dan sinus. Selain dapat menjadi pengganti obat tidur, seks juga tidak mempunyai efek samping.

3. Terapi tingkah laku kognitif
Terapi ini sangat baik untuk menggantikan obat tidur. Difokuskan untuk mengurangi pikiran-pikiran buruk yang membuat Anda sulit tidur. Terapi ini akan mengubah rutinitas Anda sebelum tidur.

Rutinitas ini mencakup mendengarkan musik yang tenang dan membaca buku yang bagus. Menurut terapi ini, semua perasaan senang dan nyaman akan mengusir semua pikiran-pikiran buruk yang menyebabkan kesulitan tidur.

4. Obat herbal
Saat ini sudah banyak obat herbal yang dapat menginduksi tidur tersedia di pasaran. Tidak seperti obat tidur, obat herbal ini tidak memiliki efek samping. Obat ini mengandung valerie, lemon, lavender dan lain sebagainya.

Obat herbal ini memiliki efek sedasi yang dapat menginduksi kantuk. Lakukan tes alergi sebelum Anda menggunakan obat herbal ini.

5. Olahraga dan rileksasi
Orang yang melakukan olahraga secara teratur tidak akan mengalami kesulitan tidur di malam hari. Jadi, olahraga merupakan alternatif baik untuk penggantikan penggunaan obat tidur pada orang usia lanjut.

Anda juga dapat menggunakan metode rileksasi seperti pengaturan napas untuk mendapatkan tidur yang baik. ** Baca juga: 4 Vitamin untuk Kulit Bercahaya

Yuk, dicoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru