oleh

Tidak Sembarangan, Begini Cara Cuci Masker Kain yang Tepat

Kabar6-Masker kain menjadi pilihan banyak orang selama pandemi COVID-19, salah satunya karena hemat atau dapat dicuci kembali. Karena itulah, menjaga kebersihan masker kain menjadi hal yang harus diperhatikan.

Apabila tidak dicuci dengan baik dan benar, masker kain bisa menjadi sarang kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. Bagaimana cara mencuci masker kain yang tepat?

Meskipun cara mencuci masker sama seperti cara mencuci pakaian pada umumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar masker kain benar-benar bersih dan aman untuk digunakan kembali. Melansir alodokter, ini adalah cara mencuci masker kain sesuai rekomendasikan:

1. Rendam masker kain dengan air panas
Siapkan wadah berisi air panas dengan suhu kira-kira 50–60°C. Air panas ini berfungsi untuk membunuh kuman penyakit yang menempel pada kain. Tambahkan deterjen pada wadah, dan rendam masker kain selama kurang lebih lima menit.

Setelah itu, kucek masker kain secara perlahan hingga kotorannya hilang. Disarankan untuk tidak mengucek terlalu keras sebab bisa membuat kain rusak.

2. Bilas masker kain dengan air mengalir
Setelah direndam dan dikucek bersih, bilaslah masker kain di bawah air mengalir. Pastikan sudah tidak ada busa atau sisa-sisa detergen di masker. Sisa sabun pada kain bisa menimbulkan bau menyengat, sehingga tidak nyaman untuk dipakai.

3. Keringkan masker kain
Jika masker kain sudah bersih dari busa deterjen, Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Sinar matahari dapat membunuh sisa-sisa mikroorganisme jahat yang mungkin masih menempel pada masker kain.

Sebelum menjemurnya, Anda juga bisa mengeringkannya terlebih dahulu dalam mesin pengering. Hindari menjemur masker kain dalam ruangan, karena dapat membuat masker lembap dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

4. Setrika masker kain
Jangan langsung mengenakan masker kain setelah selesai dijemur. Masker perlu disetrika dengan suhu panas terlebih dahulu agar tidak ada lagi kuman, bakteri, atau virus yang menempel pada permukaan kain. Setelah disetrika, barulah masker kain yang sudah bersih dan rapi ini siap dipakai.

Setelah mencuci masker kain, pastikan Anda mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sampai benar-benar bersih. Jika menggunakan mesin cuci, pastikan juga kebersihan mesin cuci terjaga dengan baik.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah hindari menggunakan masker kain lebih dari satu kali. Jadi, lepas masker kain tanpa menyentuh permukaan luar masker dan langsung cuci masker tersebut setelah selesai digunakan. Sebaiknya, sediakanlah setidaknya dua masker agar bisa digunakan secara bergantian.

Masker kain yang kotor dan tidak dirawat dengan baik justru bisa menjadi tempat pertumbuhan kuman. Jika terus menggunakan masker yang penuh kuman, Anda akan lebih rentan terkena penyakit infeksi.

Selain itu, kulit wajah akan lebih mudah mengalami gangguan kulit. ** Baca juga: Apakah Porsi Makan Anda Sudah Tepat?

Hal yang paling sering dikeluhkan akhir-akhir ini adalah tumbuh jerawat di area yang tertutup masker. Jadi, terapkan tips mencuci masker kain yang tepat agar terhindar dari hal-hal yang mengganggu kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru