oleh

Tidak Sekadar Pelengkap, Ini Manfaat Kolang Kaling

Kabar6-Kolang-kaling (buah atap) adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling terbuat dari biji buah aren yang direbus selama beberapa waktu dan direndam dalam larutan air sehingga mengalami proses fermentasi.

Biasanya kolang kaling dibuat sebagai minuman, entah itu ditambahi sirup atau gula jawa. Nah tahukah Anda, kolang kaling ternyata kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit? Melansir beberapa sumber, ini lima manfaat kolang kaling:

1. Kurangi risiko penuaan dini
Kolang kaling memiliki kandungan vitamin yang bisa membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini, seperti garis-garis halus pada kening dan keriput pada mata.

2. Lindungi kulit dari sinar matahari & melembapkan kulit
Kolang kaling bisa melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, termasuk juga melembapkan kulit, khususnya untuk permasalahan kulit pecah-pecah dan kering.

3. Sistem pencernaan lancar
Kolang kaling juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Bila Anda sering sulit buang air besar (BAB), mengonsumsi kolang kaling secara rutin bisa membantu mengeluarkan zat beracun dari saluran pencernaan.

4. Jaga kekuatan tulang
Selain bisa memperlancar sistem pencernaan, kolang kaling juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk tubuh serta dapat mencegah osteoporosis.

5. Cegah dehidrasi
Kolang kaling juga kaya akan kandungan air, serat, vitamin, dan mineral sehingga sangat baik untuk membantu mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. ** Baca juga: Bagaimana Ciri Sabun Cuci Tangan yang Baik?

Jangan ragu tambahkan kolang kaling sebagai camilan atau minuman dalam menu harian Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru