oleh

Tidak Sekadar Pajangan, Tanaman ini Juga Bantu Minimalisir Polusi Udara

Kabar6-Untuk menimbulkan kesan segar sekaligus mempercantik ruangan, banyak orang meletakkan tanaman berukuran mini (bonsai) di meja kerjanya atau dalam ruangan di salah satu sudut rumah.

Tidak hanya sebagai pajangan, beberapa jenis tanaman ternyata membantu Anda untuk meminimalisir polusi udara atau menetralisir udara kotor. Melansir Wolipop, ini lima jenis tanaman yang dimaksud:

1. Aloe Vera (lidah buaya)
Tanaman ini sebenarnya lebih dikenal karena zat anti-inflmasinya, berkhasiat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Namun di sisi lain, aloe vera ternyata mampu memfilterisasi benzene, zat kimia yang datang dari bensin, cat dan deterjen.

Hiasi salah satu sudut rumah dengan tanaman ini. Namun akan lebih baik bila aloe vera diletakkan di dekat jendala mengingat hidupnya sangat bergantung pada paparan sinar matahari.

2. Spider Plant
Seperti lidah buaya, spider plant juga dapat menangkal benzene. Begitu pula senyawa kimiawi lainnya sepert karbon monoksida dan formalin. Tanaman yang bermotif garis hijau putih tidak membutuhkan paparan sinar matahari ekstra untuk bertahan hidup, sehingga Anda bisa meletakkannya di mana saja.

3. Snake Plant
Di Indonesia, tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Lidah Mertua’. Tak sekadar menyaring benzene, xylene, trichloroethylene, Lidah Mertua juga dapat melepas oksigen pada malam hari. Cukup untuk menjaga asupan oksigen di dalam rumah.

4. Bamboo Palm
Palem bambu, begitu nama familiarnya, juga dapat menyedot polutan atau menetralisir udara. Nilai plus lain, palem bambu tak membutuhkan perhatian khusus. Tanaman ini bahkan bisa tetap hidup meski tidak disiram dalam waktu yang cukup lama.

5. Warneck Dracaena
Tanaman ini mudah dirawat dan memerlukan cahaya terang untuk tumbuh subur. Dracaena bisa beradaptasi hidup di area dengan cahaya rendah jika penyiraman airnya dikurangi.

Jaga tanah dalam pot agar tetap lembap dan sering-sering menyemprotnya dengan air hangat. Potong bila ada daun-daun yang mati untuk memberi ruang tumbuhnya daun baru. ** Baca juga: Pandangi Foto Pria Tampan atau Wanita Cantik Bagus untuk Kesehatan Otak

Yuk, hiasi ruangan Anda dengan tanaman tadi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru