oleh

Tidak Sekadar Menyumbang, Rutin Donor Darah Punya Manfaat Bagi Kesehatan

Kabar6-Penyumbang darah atau pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah, digunakan untuk transfusi darah.

Tahukah Anda, orang yang mendonorkan darah secara teratur ternyata memiliki angka harapan hidup yang lebih lama? Dan tidak sekadar menyumbang darah, melansir Boldsky, berikut sejumlah manfaat kesehatan rutin donor darah:

1. Kurangi risiko penyakit jantung
Mendonorkan darah akan meningkatkan fungsi dari jantung dan pembuluh darah secara keseluruhan. Dengan donor darah akan meningkatkan kadar zat besi dalam darah dan juga menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Bakar kalori
Mendonorkan darah sekira 450 ml akan membantu menurunkan berat badan. Anda berhasil membakar sebanyak 650 kalori saat mendonorkan darah sebanyak 450 ml.

3. Tingkatkan produksi darah
Donor darah membantu menstimulasi produksi dari sel darah baru. Proses pengambilan darah saat donor darah akan mendorong tubuh menjadi lebih sehat dan bekerja dengan lebih efisien

4. Lindungi jantung
Jika Anda adalah seseorang yang mengalami peningkatan zat besi dalam darah, maka donor darah dapat membantu melindungi jantung dari risiko penyakit yang mungkin terjadi. Ketika Anda mendonorkan darah dengan rutin maka akan semakin banyak zat besi yang keluar dalam bentuk darah.

5. Pemeriksaan kesehatan
Saat mendonorkan darah, maka darah yang Anda donorkan tersebut akan diperiksa dari kemungkinan adanya penyakit serius. Dan jika ada ditemukan penyakit serius, maka pihak Palang Merah akan segera memberitahukan kepada Anda dengan tetap menjaga kerahasiaannya. Hal ini membuat Anda dapat mengetahui adanya penyakit sejak dini.

6. Keuntungan untuk lanjut usia
Banyak orang yang sudah lanjut usia dan dalam kondisi kesehatan yang baik dapat mendonorkan darahnya secara teratur. Setelah mendonorkan darah mereka akan merasa lebih bersemangat dan sehat.

7. Turunkan kadar kolesterol
Manfaat lain dari donor darah adalah membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. ** Baca juga: Mengapa Manusia Tidak Bisa Hidup Tanpa Air Liur?

Manfaat yang menyenangkan, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru