Tidak Perlu Ngoyo, Ada Cara Ilmiah Turunkan Berat Badan Secara Pasti

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Beberapa praktisi diet maupun ahli nutrisi sepakat, terdapat beberapa cara ilmiah untuk menurunkan berat badan. Misalnya sayur-sayuran, yang terbukti sebagai jenis makanan wajib dalam menu diet sehat Anda.

Selain mencegah potensi terjangkitnya penyakit kronis, konsumsi sayuran juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Dikutip dari berbagai sumber, diet sehat merupakan kombinasi seimbang antara sayuran dan sumber asupan protein seperti olahan laut, telur, dan daging.

Pola makan sehat dan seimbang tak ada artinya apabila Anda masih mengonsumsi minuman ringan dan manis. Jadi ganti asupan soda dan minuman manis dengan air putih atau jus buah tanpa gula. Tak hanya memicu timbulnya diabetes tipe 2, minuman ringan dan manis juga meningkatkan berat badan secara drastis serta potensi penyakit kronis.

Diet terbaik adalah pengurangan berat badan dalam jumlah kecil namun secara bertahap dan pasti. Artinya, suplemen diet yang menjanjikan penurunan berat badan dalam jumlah ekstra dan kurun waktu singkat hanyalah omong kosong belaka. Penurunan bobot sebanyak setengah atau satu kilogram setiap minggunya bisa Anda jadikan standar diet sesuai saran dari para pakar diet dan ahli nutrisi.

Jangan lupa melakukan aktivitas fisik untuk menjaga gaya hidup sehat. Olahraga ringan di pagi hari sebelum sarapan akan membakar lemak tubuh, mendongkrak kadar energi, serta menurunkan berat badan secara pasti. ** Baca juga: Sehat dengan Menambahkan 5 Super Foods dalam Menu Sehari-hari

Biasakan juga membawa camilan sehat seperti irisan buah, selai kacang, yoghurt, wortel, atau kacang-kacangan. Saat makan malam, pastikan Anda hanya mengonsumsi setengah porsi yang disajikan.(ilj/bbs)