oleh

Tidak Perlu Minder, Ini 4 Kelebihan Punya Kulit Sawo Matang

Kabar6-Memiliki kulit sawo matang bagi sebagian orang, terutama kaum hawa, masih dianggap kurang menarik dibanding kulit yang lebih cerah atau putih. Padahal, kulit sawo matang memiliki sejumlah kelebihan, lho.

Jika dirawat dengan baik, tidak hanya membuat Anda lebih glowing eksotis, kulit sawo matang juga mempunyai proteksi atau perlindungan lebih dari sinar matahari. Melansir Womantalk, ini empat kelebihan memiliki kulit sawo matang

1. Kadar melanin lebih tinggi
Warna kulit sawo matang berarti kulit kita memiliki kandungan melanin yang lebih tinggi. Jika diukur berdasarkan skala Fitzpatrick Skin Type, warna kulit orang Indonesia masuk ke rentang 3-4. Pemilik kulit sawo matang bisa dikategorikan dalam skala 4 tersebut.

Ketika terpapar sinar matahari, kulit tipe 4 jarang terbakar atau mengalami sunburnt seperti pada kulit yang lebih cerah. Meski demikian, efek paparan matahari langsung akan membuat kulit sawo matang tampak lebih gelap.

2. Perlindungan dari sunburnt
Keuntungan memiliki kadar melanin yang banyak pada kulit adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini akan membuat kulit terlindungi dari efek jangka pendek seperti terbakar sinar matahari yang parah.

Meskipun demikian, paparan sinar matahari berlebihan tetap bisa berdampak merusak pada kulit gelap sekalipun. Jadi, melindungi kulit dengan sunscreen masih sangat penting untuk pemilik kulit sawo matang.

3. Perlindungan dari dark spot
Sinar matahari terdiri dari UVA dan UVB. Diketahui, UVB dapat membuat kulit merah-merah atau sunburnt setelah kena paparan matahari. Sementara UVA penetrasinya lebih dalam akhirnya bikin aging seperti muncul bintik-bintik hitam. Nah, pada kulit yang melaninnya tinggi, dia mempunyai perlindungan lebih terhadap dark spot.

4. Menyerap lebih banyak vitamin D
Pemilik kulit sawo matang berisiko lebih kecil mengalami osteoporosis karena mampu menyerap kalsium lebih banyak. Banyaknya jumlah pigmen pada kulit gelap ternyata mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari. ** Baca juga: Hindari Terlalu Sering Kerja Lembur

Namun hal yang harus diingat, meskipun kulit sawo matang mempunyai melanin banyak, bukan berarti sepenuhnya terjamin dari kerusakan kulit akibat sinar matahari. Artiya, hindari berpanas-panasan tanpa sunscreen, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru