oleh

Tidak Hanya untuk Tulang, Ini Manfaat Lain Minum Susu

Kabar6-Susu mengandung vitamin D yang selama ini diketahui dapat membantu proses pembentukan tulang dan menjaga tulang tetap kuat dan sehat. Ternyata, susu tidak melulu berkaitan dengan masalah kesehatan tulang, lho.

Terdapat sejumlah manfaat lain yang mungkin belum Anda ketahui dari kebiasaan rutin mengonsumsi susu. Melansir beberapa sumber, pembicara American Dietetic Association, Jessica Crandall, RD, CDE, menjelaskan bahwa kandungan kalsium yang terdapat pada semua jenis susu adalah sama. Saat mengonsumsi susu rendah maupun tanpa lemak, yang berkurang hanyalah lemak dan kalori yang tidak dibutuhkan, namun Anda tidak akan kekurangan jumlah kalsium.

Kadar vitamin D yang tinggi pada susu mendukung produksi serotonin, yaitu hormon yang berhubungan dengan mood, nafsu makan dan tidur. Bila kebutuhan untuk produksi hormon ini tercukupi, maka Anda akan terhindari dari depresi, kelelahan, PMS dan susah tidur.

Menurut University of Texas, susu cokelat rendah lemak memberikan Anda lebih banyak energi setelah berolahraga, dibandingkan dengan minuman pengganti cairan lainnya. Dalam sebuah studi, pengendara sepeda yang minum susu cokelat pascalatihan memiliki komposisi dan bentuk tubuh yang lebih baik, dibandingkan mereka yang tidak minum susu.

Minum beberapa gelas susu dalam sehari memberikan manfaat yang sama dengan mandi susu, yaitu membuat kulit halus, lembut dan berkilau. Asam laktat pada susu berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit mati, dan enzim yang membuat kulit halus. Asam amino pada susu membantu menjaga kulit tetap lembap.

Manfaat lain, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Universities of Reading, Cardiff, and Bristol di UK, susu dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung dan stoke sebanyak 20 persen. Sebagai sumber kalium, susu juga membantu menurunkan tekanan darah. ** Baca juga: Bolehkan Minum di Tengah Makan?

Jangan lupa minum susu, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru