oleh

Tidak Hanya Sebagai Sumber Energi, Ketahui Manfaat Lain Karbohidrat

Kabar6-Kita tidak bisa menghindari karbohidrat sama sekali. Hal yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis karbohidrat yang sehat. Ya, karbohidrat tak selalu buruk untuk tubuh, karena juga menjadi bagian penting diet sehat.

Rata-rata, tubuh manusia mendapatkan sekira 45-65 persen kalorinya dari karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks, yang bisa dikonsumsi dari makanan berserat seperti buah dan sayur.

Fungsi utama karbohidrat adalah menyuplai energi yang dibutuhkan tubuh. Ternyata, melansir MSN, ada manfaat lain karbohidrat selain sebagai sumber energi. Karbohidrat mendukung fungsi otak. Glukosa yang diproduksi karbohidrat sangat penting bagi seluruh bagian tubuh untuk berfungsi dengan baik, tidak terkecuali otak Anda.

Otak merupakan organ tubuh yang paling bekerja keras, karena menggunakan sekira 20 persen energi untuk bisa berfungsi. Jadi, karbohidrat sangat dibutuhkan dan baik untuk otak.

Karbohidrat juga mencegah timbulnya penyakit. Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat olahan bisa memberikan dampak negatif terhadap tubuh, terutama kesehatan jantung. Namun jenis karbohidrat kompleks seperti makanan berserat, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Karbohidrat kompleks juga sangat penting untuk mencegah diabetes, karena tidak memicu terjadinya lonjakan gula darah.

Kemudian mengontrol berat badan. Karbohidrat kompleks bisa memberikan energi yang tahan lebih lama. Itu artinya, mengonsumsi makanan berkarbohidrat kompleks, bisa menunda lapar dan menurunkan berat badan. Apalagi kalau Anda banyak mengonsumsi makanan berserat.

Mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk makanan berserat bisa menyehatkan sistem pencernaan. Fungsi karbohidrat ini pastinya menguntungkan tubuh. Buang air besar (BAB) menjadi lebih mudah dan diare jarang ‘menghantui’.

Selain itu, mengonsumsi karbohidrat dari makanan berserat, juga bisa menghindarkan Anda dari penyakit usus besar, misalnya divertikulitis.

Karbohidrat juga dibutuhkan untuk membantu otot tetap terjaga. Ketika tubuh kekurangan glukosa, otot akan dipecah menjadi asam amino, kemudian diubah menjadi glukosa atau senyawa lain, untuk menghasilkan energi. Jika hal ini terjadi, massa otot akan berkurang. Akibatnya, gerakan tubuh juga akan terdampak.

Karbohidrat juga memiliki sisi baik dan jahat. Hal ini dapat terlihat dari jenis-jenis makanan yang mengadung karbohidrat. Ada yang boleh dimakan, ada juga yang sebaiknya dikurangi.

Makanan berkarbohidrat baik yang disarankan masuk dalam diet Anda adalah semua macam sayuran, apalagi jika dikonsumsi setiap hari. Buah-buahan seperti apel, pisang hingga stroberi.

Polong-polongan misalnya kacang merah, kacang polong, dan lentil. Kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, macademia, dan lain-lain, serta gandum utuh, seperti nasi merah dan quinoa. ** Baca juga: Jangan Abaikan 5 Tanda Anda Harus ke Dokter

Karbohidrat dalam bentuk makanan berserat, pada umumnya menyehatkan tubuh. Sebaliknya, karbohidrat olahan bisa berbahaya untuk kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru