oleh

Tidak Hanya Jadi Intim, Berpelukan Juga Sehat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain sebagai ungkapan sayang atau kangen, berpelukan disebutkan mampu memicu berbagai reaksi yang menguntungkan bagi kesehatan. Saat Anda dan pasangan berpelukan, terjadi perubahan hormonal di dalam tubuh.

Efek yang ditimbulkan antara lain mulai dari level stres yang berkurang hingga tekanan darah menjadi lebih stabil. Dikutip dari Detik, berikut manfaat berpelukan bagi kesehatan:

1. Redakan stres
Berpelukan bisa memicu pelepasan hormon dopamin dan oksitosin. Keduanya dikenal sebagai hormon bahagia. Penelitian di University of Wisconsin membuktikan bahwa pelukan bisa menurunkan kadar kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres.

2. Turunkan tekanan darah
Peningkatan kadar oksitosin tidak hanya menenangkan secara psikologis. Bagi jantung, ini juga menguntungkan karena stres termasuk faktor risiko pada gangguan jantung. Penelitian di jurnal Biological Psychology juga mengkonfirmasi bahwa peningkatan hormon bahagia tersebut berhubungan dengan tekanan darah yang lebih rendah.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh
Penelitian pada 2014 silam membuktikan bahwa orang-orang yang bebas bebas stres lebih terlindungi dari infeksi virus penyebab keluhan batuk pilek. Dukungan dari keluarga dan lingkungan sosial bisa mengurangi level stres, di antaranya lewat pelukan. ** Baca juga: Ternyata Bentuk Hidung Dipengaruhi Oleh Iklim

Jadi, jangan ragu lagi memeluk pasangan ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru