oleh

Tidak Disarankan Usai Sahur Langsung Tidur Bila Anda Konsumsi 4 Jenis Makanan Ini

Kabar6-Mungkin Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan langsung tidur usai santap sahur, terlebih usai subuh harus segera mempersiapkan diri untuk melakukan aktivitas harian di kantor.

Padahal kebiasaan seperti ini sangat tidak dianjurkan karena berefek tidak baik bagi kesehatan, terlebih bila saat sahur Anda mengonsumsi empat jenis makanan ini. Melansir DetikHealth, ini empat makanan yang memicu terjadinya GERD, kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus:

1. Makanan berlemak
Makanan berlemak seperti daging atau gorengan, dan termasuk makanan berlemak baik seperti alpukat dan kacang-kacangan ternyata dapat memperburuk sistem pencernaan jika dikonsumsi saat sahur. Makanan berlemak bisa mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah. Saat otot ini rileks, asam lambung dapat keluar dari lambung ke kerongkongan atau GERD.

Makanan berlemak juga merangsang pelepasan hormon cholecystokinin, hormon yang dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah dan menyebabkan hal yang sama, yaitu GERD.

2. Jus jeruk
Tidak selamanya jus jeruk baik bagi tubuh. Saat Anda mengonsumsinya ketika sahur, justru bisa memperburuk sistem pencernaan. Dalam suatu studi yang melibatkan 382 orang, 67 persen di antaranya mengalami heartburn atau sensasi dada terbakar, salah satu gejala GERD.

Sementara dalam penelitian lain, sekira 73 persen dari 400 orang yang mengonsumsi jus jeruk atau buah jeruk mengalami heartburn.

3. Cokelat
Sebagai penambah energi, cokelat menjadi salah satu pilihan untuk menu pencuci mulut pada saat sahur. Sayangnya, cokelat ternyata dapat memicu heartburn. Cokelat juga mengandung lemak tinggi yang dapat membuat sfingter esofagus bagian bawah mengendur dan menyebabkan asam lambung keluar ke kerongkongan.

4. Makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas saat sahur tidak dianjurkan. Makanan pedas mengandung senyawa capsaicin yang dapat memperlambat laju pencernaan. Artinya, makanan akan tinggal lebih lama di dalam perut dan berisiko memunculkan heartburn, terlebih jika setelah makan langsung tidur.

Selain itu, makanan pedas dapat mengiritasi kerongkongan yang sudah meradang, ini dapat memperburuk kondisi sistem pencernaan. ** Baca juga: Yuk, Bersihkan Usus dengan 8 Jenis Makanan Sehat

Jadi jangan langsung tidur bila saat sahur Anda mengonsumsi salah satu dari empat jenis makanan tadi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru