Home / Aneka Berita / Sehat / Tidak Disarankan Simpan Kentang dalam Kulkas
Ilustrasi/bbs

Tidak Disarankan Simpan Kentang dalam Kulkas

Kabar6-Seringkali kita menyimpan sayur atau buah dalam kulkas agar tetap segar. Nyatanya, tidak semua jenis makanan dapat disimpan dalam lemari pendingin, lho. Salah satunya adalah kentang.

Suhu lemari es yang lebih dingin, melansir Kompas, dapat mengubah pati dalam kentang menjadi gula. Menurut American Cancer Society, ketika kita menggoreng atau memanggangnya di atas suhu 250 derajat Celcius, gula tersebut akan melebur dengan asam amino asparagin. Pembakaran itu akan menghasilkan zat kimia yang disebut akrilamida. National Cancer Institute menyebut, akrilamida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membuat kertas, pewarna, dan plastik.

Bahkan, senyawa ini bisa juga dipakai untuk menjernihkan air dan limbah. Hal utama yang membuat orang terpapar akrilamida adalah merokok. Tapi, ini juga bisa ditemukan dalam makanan seperti kentang goreng dan keripik kentang. Selain itu, ada material serupa dalam produk kerupuk, roti, kue, sereal, dan kopi.

Seberapa berbahayanya senyawa akrilamida ini? Riset yang memakai tikus sebagai subjek penelitian membuktikan, senyawa kimia ini meningkatkan risiko kanker pada subjek. Sayangnya, riset pada manusia belum menunjukkan bukti yang konsisten paparan akrilamida melalui diet, bisa meningkatkan risiko serupa.

Namun hasil yang beragam pada ginjal, endometrium, dan kanker ovarium. Meskipun tikus dan manusia memetabolisme akrilamida pada tingkat yang berbeda, riset yang dilakukan the National Toxicology Program mengategorikan senyawa kimia ini sebagai karsinogen.

Kategori tersebut didasarkan penelitian hewan laboratorium yang tak sengaja menelan akrilamida dalam air minum. Penelitian menunjukkan, menyimpan kentang di luar kulkas dan memasaknya tidak terlalu lama dapat mengurangi kandungan akrilamida. ** Baca juga: Sejumlah Masalah Kesehatan yang Bisa Dideteksi dari Kaki

Karena itulah American Cancer Society menyarankan kita agar tak menyimpan kentang dalam lemari es. Cukup meletakkannya di tempat yang sejuk dan kering, seperti lemari atau dapur, serta memasaknya tidak terlalu lama.(ilj/bbs)

Check Also

Jus yang Bantu Jaga Kesehatan Hati & Ginjal

Kabar6-Salah satu cara sehat yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan membuat jus ...