oleh

Tidak Disarankan Simpan Hand Sanitizer dalam Mobil

Kabar6-Sama seperti mencuci tangan dengan sabun dan air, hand sanitizer juga efektif membunuh sebagian besar kuman dan patogen. Termasuk meminimalisir kontaminasi virus atau bakteri yang bisa saja hinggap di tangan.

Karena itulah, banyak orang yang selalu membawa hand sanitizer saat beraktivitas di luar rumah. Nah, tahukah Anda ternyata tidak dianjurkan untuk membawa atau bahkan menyimpan hand sanitizer dalam mobil? Apa alasannya?

Ada beberapa ahli, melansir Intisari, yang memperingatkan bahwa kita sebaiknya tidak meninggalkan hand sanitizer dalam mobil. Associate Professor Florida Gold Coast University, Dr Greg Boyce, juga mengatakan bahwa itu bukan ide yang baik. Alasannya, karena suhu yang hangat dapat menyebabkan alkohol dalam hand sanitizer menguap. Suhu di dalam kendaraan seperti mobil dapat dengan cepat menjadi panas, terutama jika telah diparkir di bawah sinar matahari langsung.

Padahal, alkohol adalah bahan aktif yang membunuh bakteri dan virus, sehingga produk tidak akan dapat bekerja sebagaimana seharusnya tanpa adanya kandungan alkohol.

Jadi, hand sanitizer yang kita miliki kefektifannya dalam membunuh virus akan berkurang atau bahkan menghilang. Selain itu, hand sanitizer yang hangat juga bisa mengiritasi kulit.

Tidak hanya itu, hand sanitizer yang disimpan di mobil juga bisa menyebabkan kerusakan pada mobil itu sendiri apabila bocor. ** Baca juga: 7 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bisa Kontrol Nafsu Makan Anda

Insinyur Ford telah melakukan penelitian tentang hal ini, dan menemukan bahwa bahan-bahan dalam sanitiser dapat menyebabkan permukaan interior mobil aus sebelum waktunya.

Kondisi ini tentu akan cukup menguras kantong. Karena itulah, simpan selalu hand sanitizer dalam tas yang dibawa sehingga tidak akan ketinggalan dalam mobil.(ilj/bbs)

Berita Terbaru