oleh

Tidak Disarankan Makan & Minum Secara Bersamaan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6- Minum setidaknya delapan gelas air setiap hari sangat penting untuk hidrasi tubuh yang tepat. Jika terjadi panas atau jika orang tersebut berolahraga atau berjalan di bawah teriknya sinar matahari, diperlukan lebih banyak asupan air.

Namun bagaimana jika minum air bersama dengan makanan? Apakah hal itu diperbolehkan dari segi kesehatan? Dilansir Grid, berikut adalah alasan kenapa Anda tidak disarankan minum dan makan disaat yang bersamaan:

1. Menurut penelitian, perut mengandung asam hidroklorida yang penting untuk memecah makanan yang kita makan. Saat Anda menelan air bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi, asam hiklorida akan menipis. Hal ini menyebabkan masalah pencernaan karena makanan tidak dipecah dengan benar.

2. Anda mungkin mengalami kesulitan sembelit. Ketidakcukupan air dalam tubuh juga bisa menyebabkan kelelahan. ** Baca juga: Hindari Dehidrasi Saat Arus Balik Lebaran

3. Minum air bersamaan dengam makan juga bisa menyebabkan malabsorpsi, kembung, dan gangguan pencernaan. Menurut para ahli, Anda harus minum cukup air setengah jam sebelum makan dan satu jam setelah makan. Hal ini memungkinkan asam mencerna makanan dengan benar dan mencegah pembentukan gas, kembung dan keasaman.

Jika diharuskan minum saat makan akibat kepedasan atau tersedak, sebaiknya minumlah air hangat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru