Tidak Disarankan, Beli Sayur atau Lauk Matang yang Dibungkus Bahan Plastik

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Dengan alasan praktis, seringkali para penjual membungkus makanan matang seperti sayur atau lauk yang masih hangat dengan bahan plastik. Padahal, kebiasaan tersebut bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut pakar kesehatan, melansir doktersehat, jika sampai plastik terkena paparan suhu tinggi, dikhawatirkan ada senyawa yang terurai dan akhirnya tercampur pada sayuran atau lauk yang kita beli. Hal yang menjadi masalah, seringkali bahan plastik pembungkus makanan ini bukanlah yang berjenis food grade, melainkan plastik biasa yang bisa saja memiliki senyawa kimia berbahaya seperti phthalate, bisphenol A (BPA), dan adipate. Nah, apabila kita sering mengonsumsi sayur atau lauk yang sudah terpapar bahan kimia tersebut, maka kita pun akan mengalami peningkatan risiko terkena masalah kesehatan.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa bahan kimia yang ada dalam plastik ternyata bisa memicu kerusakan pada berbagai organ dalam layaknya liver, ginjal, paru-paru, atau bahkan sistem reproduksi tubuh. Bahkan, kandungan bisphenol A disebut-sebut bisa memicu datangnya kanker payudara. Sementara itu, kandungan phthalate disebut-sebut bisa membuat pria mengalami gangguan ketidaksuburan. ** Baca juga: Kebiasaan Buruk yang Ancam Kesehatan Kulit

Siapa saja rentan terkena dampak buruk dari paparan bahan kimia di dalam plastik ini, hanya saja, bagi anak-anak dan wanita hamil, dampaknya akan jauh lebih terasa. Langkah terbaik, minta penjaja makanan membungkus sayur atau lauk matang dengan kertas pembungkus makanan atau Anda bisa membawa wadah makanan sendiri yang sudah tergolong food grade atau aman untuk digunakan.(ilj/bbs)