oleh

Tiap Tahun, Uni Eropa Buang 153 Juta Ton Makanan Kedaluwarsa

Kabar6-Menurut sebuah laporan masyarakat Uni Eropa (EU) membuang sebanyak 153 juta ton makanan kedalurwarsa tiap tahun, lebih banyak dibanding makanan yang diimpor.

Sampah makan yang dibuang itu, melansir Euronews, setara dengan sekira setengah dari ekspor gandum Ukraina. Berdasarkan penelitian, membatasi limbah pertanian dapat mengurangi kenaikan biaya makanan. ** Baca juga: Kecolongan, Stasiun TV di AS Tak Sengaja Tayangkan Film Dewasa Saat Siaran Langsung

Senior Policy and Campaigns Manager at Feedback EU, Martin Bowman, mengungkapkan bahwa apabila diuangkan maka sampah makanan itu bisa bernilai hingga 143 miliar euro. “Sampah makanan itu biaya bagi orang-orang,” kata Bowman.

Menurut Bowman, limbah makanan merugikan bisnis dan konsumen pada saat harga makanan naik. Tidak hanya itu, ia pun mengingatkan sampah makanan ikut menyumbangkan krisis iklim.

Setidaknya, enam persen dari emisi UE berasal dari limbah makanan yang terbuang itu. Perubahan iklim adalah salah satu penyebab krisis yang dihadapi global saat ini.(ilj/bbs)