oleh

Tetap Jaga Kesehatan Selama Bulan Puasa Agar Terhindar dari 7 Hal Ini

Kabar6-Puasa memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah untuk membersihkan atau membuang racun secara alami. Namun jika dilakukan tanpa aturan, puasa bisa menjadi bumerang dan berdampak buruk bagi tubuh, khususnya untuk orang-orang yang memiliki penyakit tertentu.

Jadi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar puasa tak menyebabkan tubuh sakit. Melansir Dreamers, ini tujuh hal yang dapat dihindari apabila Anda selalu menjaga kesehatan selama puasa:

1. Maag
Puasa biasanya mengurangi jumlah asam dalam lambung yang digunakan untuk mencerna makanan dan membunuh bakteri. Meski begitu, jika memikirkan makanan atau mencium bau makanan dapat membuat otak menyampaikan pesan pada perut untuk memproduksi asam dan memicu maag.

Bagi orang yang biasa mengonsumsi obat maag, sebaiknya waktu minum obat dibiasakan diganti menjadi saat sahur. Dan hindari makan makanan yang digoreng dan pedas.

2. Diabetes
Bagi orang yang menderita diabetes sangat dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menjalankan puasa, karena biasanya mereka harus menyuntikkan insulin secara teratur.

Gula darah juga salah satu yang harus dimonitor karena jika gula darah rendah (disebut hypo) bisa sangat berbahaya. Pusing dan berkeringat biasanya menjadi tanda hypo. Dan jika sudah seperti ini, mereka harus segera minum minuman yang manis atau menaruh gula atau sesuatu yang manis di bawah lidah.

3. Sakit kepala
Sakit kepala yang dialami saat puasa bisa disebabkan karena dehidrasi atau lapar, kurang istirahat, atau tidak adanya asupan yang biasa dikonsumsi seperti kafein. Pastikan untuk mengonsumsi banyak cairan dan hindari paparan sinar matahari langsung untuk mencegah sakit kepala.

4. Dehidrasi
Dehidrasi menjadi masalah biasa yang dihadapai saat menjalankan puasa. Karena tubuh akan terus kehilangan cairan dan garam melalui napas, keringat, dan urin. Jika tidak minum cukup air sebelum puasa, maka risiko dehidrasi akan semakin meningkat.

5. Sembelit
Sembelit saat menjalankan puasa bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat, minum banyak air, dan asupan serat dari buah dan sayur. ** Baca juga: Bahayakan Kesehatan, 5 Fakta Tersembunyi dari Kemarahan

6. Stres
Kurangnya asupan makanan dan minuman, rutinitas dan periode waktu tidur yang berubah bisa menyebabkan stress. Jadi sangat penting untuk menangani sumber stres ini agar tak menyebabkan efek yang berbahaya bagi tubuh.

7. Berat badan
Makanan yang dikonsumsi selama berbuka sampai waktu sahur bisa membuat tubuh mendapat tambahan berat badan yang tidak diinginkan. Jadi jangan makan berlebihan dan jaga aturan makan.

Selama kesehatan terjaga, puasa Anda pun akan lancar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru