oleh

Tetap Bugar Selama Berpuasa

Kabar6-Selama menjalani ibadah puasa, sistem pencernaan kita mendapat kesempatan untuk beristirahat dan dibersihkan dari zat-zat merugikan yang terdapat dalam usus, ginjal, kandung kemih, paru-paru, serta kulit.

 

Kondisi yang lemas saat puasa, disebabkan oleh sebagian cairan tubuh yang hilang. Nah berikut adalah beberapa anjuran agar tubuh tetap nyaman selama menjalankan ibadah puasa.

 

1. Awali berbuka puasa dengan makanan ringan yang manis seperti kurma, kolak, atau teh manis hangat.

 

Usahakan minum hangat saat berbuka puasa, karena minuman dingin dapat membuat perut yang kosong menjadi kembung dan meningkatkan asam lambung. Cegah dehidrasi dengan memperbanyak minum air putih pada malam hari.

 

2. Saat sahur, imbangi dengan zat gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Perbanyak juga minum air putih.

 

Jika waktu sahur Anda mepet, minumlah susu rendah lemak yang tinggi kalisum dan protein. Jenis susu ini membantu memberikan gizi yang lengkap bagi tubuh. ** Baca juga: Jangan Pernah Memakai Barang Ini Bersama

 

Sebaiknya tidak berlebihan mengonsumsi makanan saat sahur, karena akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan produksi hormon insulin. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah, lemas, lesu, dan selalu mengantuk.

 

3. Konsumsi vitamin A, B, dan C, yang dapat diperoleh dari buah-buahan berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan. Jika dibutuhkan, Anda dapat mengonsumsi makanan kesehatan berupa suplemen.

 

Nah, selamat menjalankan ibadah puasa, dan tetap jaga kesehatan. (ilj/bbs)

Berita Terbaru