oleh

Terungkap, ini Pemicu Kebakaran Gudang Alfamidi Cikupa

Kabar6-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Agus Suryana mengatakan penyebab kebakaran gudang Alfamidi di Desa Bunder, Kecamatan Cikupa diduga dari arus pendek listrik.

“Api berawal dari percikan api boks kontrol listrik sebelah kanan gedung, “ujarnya, (Selasa, 17/9/2019).

Masalahnya, kata Agus, percikan api itu akan mudah diatasi cukup dengan semprotan tabung gas pemadam kebakaran. Masalahnya, kata Agus, gudang itu tidak dilengkapi dengan hydran dan tabung gas pemadam yang memadai.

Berdasarkan hasil temuan BPBD, menurut Agus, gudang utama Alfamidi seluas 10 ribu meter itu tidak dilengkapi hydran dan hanya tersedia satu tabung gas pemadam berukuran 6 kilogram. “Semestinya minimal 3 tabung beurkuran 25 kilogram dan hydran terpasang setiap 10 meter,” Agus menjelaskan.

Tidak adanya hydran inilah, kata Agus, yang menyebabkan api cepat membesar dan sulit untuk dipadamkan.**Baca juga: Polisi Selidiki Kebakaran Gudang Alfamidi di Cikupa.

Menurut Agus, dengan adanya alat proteksi pemadam kebakaran itu, sejatinya kebakaran dapat dicegah merembet dan membesar. “Sehingga dampak yang ditimbulkan semakin kecil.”

Peristiwa kebakaran gudang Alfamidi itu terjadi pada Senin pagi kemarin, 16/9/2019.(GFM)

Berita Terbaru