oleh

Tertangkap Kamera, Seekor Ikan Terlihat Sedang ‘Merokok’ di Dasar Laut Florida

Kabar6-Seorang fotografer bernama Steven Kovacs berhasil mengambil gambar seekor ikan yang sedang ‘menghisap’ sebatang rokok di dasar laut. Kovacs mengakui, dia tidak bisa menahan diri untuk menyelamatkan makhluk itu setelah mengambil gambar dari aksi lucu ikan tadi.

Foto unik tersebut, melansir iflscience, dinominasikan untuk Ocean Photography Awards 2021, setelah Kovacs pertama kali membagikannya di Instagram pada Juli lalu. Namun pada kenyataannya, ikan tersebut bukan mengisap gulungan berisi tembakau, melainkan tengah melahap rokok yang dikira makanan. Foto Kovacs yang diambilnya di Palm Beach, Florida, merupakan salah satu dari beberapa yang disorot oleh penghargaan sebagai ilustrasi dampak kotoran manusia terhadap satwa liar laut.

Diketahui ikan itu adalah Trachinocephalus myops, lebih dikenal sebagai ikan kadal hidung tumpul, yang hidup di Samudra Atlantik. Spesies ini akan berbaring di dasar laut dengan mata di atas pasir menunggu sampai apa yang tampak seperti ikan atau krustasea lewat di atasnya.

Kovacs menangkap momen ketika sebatang rokok dikira mangsa. Dia menulis judul untuk jepretan fotonya pada 26 Juli musim panas ini, “Merokok sebentar”. ** Baca juga: Berdasarkan Gaji Tahunan, Ada 5 Presiden yang Disebut Termiskin di Dunia

“Sebenarnya ini adalah situasi yang sangat disayangkan. Ular ikan kecil ini, Trachinocephalus myops, mengambil puntung rokok dari kolom air yang hanyut dalam arus dan mengira itu adalah ikan lalu ia mulai menelannya untuk makan,” demikian tulis Kovacs dalam keterangan foto.

Ditambahkan, “Bahkan setelah menelan lebih dari setengah batang rokok, ia masih belum menyadari kesalahannya!! Ini adalah salah satu situasi yang saya merasa wajib untuk campur tangan karena saya tidak bisa membayangkan itu akan berakhir baik untuk ikan jika selesai menelan ‘makannya’. Palm Beach, Florida.”

Berbagai balasan kekecewaan diungkapkan untuk foto itu. “Beginilah cara Kami memperlakukan Lingkungan Kami,” tulis seseorang. “Sangat mengerikan melihat ini,” komentar yang lain.

“Foto yang menyentuh dan sekaligus pukulan keras,” sambung sseeorang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru