oleh

Terpapar Radioaktif Nuklir, Komplek Batan Dipasang Garis Kuning

Kabar6-Paparan radioaktif di atas normal terjadi di Perumahan Batan Indah, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan.

Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (Bapeten) bahkan membuat garis kuning sekitar 10 meter dari paparan radiasi agar masyarakat tidak masuk kedalam zona radiasi tersebut.

Kepala Biro Hukum, Kerjasama dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan menjelaskan, ini adalah paparan radiasi yang meningkat. Sehingga pihaknya melokalisir daerah 10 kali 10 meter di sekitar lokasi.

“Diketahui adalah spot beberapa sumber yang sudah kita angkat, setelah kita angkat, perlu kita pastikan apakah paparan radiasi masih tinggi atau tidak,” ungkapnya di lokasi perkara, Sabtu (15/2/2020).

Indra jelaskan, jika paparan radiasi masih tinggi tentunya ada tahapan teknis lain. Teknisnya adalah untuk mengangkat tanah yang diketahui terkontaminasi sampai berapa lama dan berapa dalam.

“Biasanya nanti levelnya begitu kita sisir satu kali, sisir satu kali kita ukur sampai kemudian paparannya menjadi paparan normal,” jelas Indra.

**Baca juga: Terpapar Radioaktif Nuklir, Warga Batan Indah Cemaskan Kesehatan.

Ia menerangkan, semua radioaktif secara umum memang bahaya. Apalagi jika memancarkan radiasi dalam jumlah tertentu itu tidak baik untuk kesehatan.

“Yang pertama warga oke dulu baru tahapan-tahapan selanjutnya, ini aman asal jangan ada di dalam batas kuning itu,” terangnya.(eka)

Dalam pantauan Kabar6.com di lokasi, masyarakat sudah bisa beraktifitas normal, setelah sebelumnya sempat merasa panik dengan paparan radioaktif tersebut.(eka)

Berita Terbaru