oleh

Ternyata Sejumlah Makanan & Minuman Ini Bikin Anda Sering Buang Air Kecil

Kabar6-Terlalu banyak minum air, diketahui akan membuat Anda sering buang air kecil (BAK). Hal ini tentu cukup merepotkan, terlebih apabila Anda sedang dalam perjalanan atau terjebak macet.

Namun selain air putih, melansir WebMd, ternyata ada sejumlah makanan dan minuman yang dapat membuat Anda ingin terus BAK, lho. Apa sajakah makanan dan minuman yang dimaksud?

1. Minuman beralkohol
Bir, wine, dan minuman beralkohol (wiski dan sebagainya) juga dapat membuat Anda lebih sering BAK. Selain itu, minuman beralkohol juga mengganggu sinyal yang dikirimkan otak pada kandung kemih, yang berfungsi untuk mengatur kapan seseorang harus BAK. Jadi batasi konsumsi minuman beralkohol jika Anda memiliki kandung kemih yang overaktif.

2. Kopi, teh, minuman energi, cokelat, dan minuman bersoda
Kafein juga dapat membuat Anda lebih sering BAK. Beberapa contoh minuman yang mengandung kafein dan juga bersifat asam adalah kopi, teh, minuman energi, dan minuman bersoda. Karena cokelat mengandung kafein dan asam, maka dapat mengiritasi kandung kemih dan membuat Anda lebih sering BAK.

3. Buah golongan sitrus dan jus buah
Berbagai jenis buah golongan sitrus seperti jeruk, jeruk Bali, lemon, dan jeruk nipis semuanya merupakan buah asam yang dapat mengiritasi kandung kemih, termasuk jus buah.

4. Nanas, tomat, Cranberi
Karena bersifat asam, maka nanas dan juga akan membuat Anda lebih sering BAK. Pada beberapa orang, cranberi justru dapat membantu mengatasi infeksi kandung kemih dan infeksi saluran kemih. Namun, jus cranberi dan buah beri itu sendiri dapat memicu terjadinya masalah karena bersifat asam. Jadi, batasi konsumsinya.

5. Makanan pedas
Batasi makanan pedas jika tidak ingin terkena gangguan pada saluran kemih. Konsumsi makanan pedas seperti cabai rawit, sambal uleg, atau saus pedas kemasan yang berlebihan akan menimbulkan rasa rasa panas di perut hingga saluran kencing.

Hal ini akan menyebabkan lapisan pada dinding kandung kemih menipis bahkan iritasi yang berujung pada Urinary Incontinence atau kondisi di mana seseorang tidak dapat mengontrol buang air kecil karena otot-otot pada dinding kandung kemih berkontraksi yang memaksa urin keluar. ** Baca juga: 7 Tanda Anda Sudah Olahraga Secara Berlebihan

Batasi konsumsi makanan dan minuman tadi, terutama saat Anda hendak bepergian jauh, agar tidak repot mencari toilet saat ingin buang air kecil.(ilj/bbs)

Berita Terbaru