oleh

Ternyata, Penurunan Berat Badan Dipengaruhi Oleh Bentuk Tubuh yang Anda Miliki

Kabar6-Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan sepertinya menjadi ‘pekerjaan’ yang sangat berat dan menyita waktu. Namun tahukah Anda, mengenal bentuk tubuh menjadi hal yang dpat membantu menurunkan berat badan?

Hal yang harus diketahui, Anda tidak harus menghilangkan semua lemak pada tubuh agar tampak langsing dan tetap sehat. Hal ini karena tubuh manusia memang membutuhkan lemak untuk memproduksi hormon, dan untuk menjalankan fungsi penting lainnya. Idealnya, rasio lemak tubuh adalah antara 14-30 persen bagi wanita dan 6-25 persen bagi pria.

Apa saja jenis bentuk tubuh manusia dan bagaimana cara tepat mengurangi berat badan berdasarkan berbagai bentuk tubuh tersebut? Melansir Prevention, berikut jenis tubuh yang dimaksud:

1. Ektomorf
Orang dengan bentuk tubuh ektomorf cenderung memiliki anggota gerak yang panjang dan tidak terlalu berotot. Mereka dapat menjadi orang yang kurus tetapi berlemak. Hal ini berarti orang tersebut biasanya memiliki berat badan yang rendah (kurus) tetapi memiliki rasio lemak tubuh yang tinggi.

Ektomorf merupakan tipe tubuh yang paling sulit mengalami peningkatan berat badan karena metabolisme tubuhnya yang cepat. Dengan kata lain, orang dengan bentuk tubuh ektomorf seringkali dapat makan banyak, tetapi hanya mengalami sedikit atau bahkan sama sekali tidak mengalami peningkatan berat badan.

Orang dengan bentuk tubuh ini biasanya terlihat kurus, sedikit berotot, dan memiliki tulang yang kecil. Pada dasarnya, secara genetik orang dengan bentuk tubuh ini sulit meningkatkan massa otot. Jadi saat berolahraga, fokuslah pada latihan kekuatan untuk meningkatkan kekuatan otot.

Untuk memaksimalkan komposisi tubuh (massa otot dengan rasio lemak tubuh), dianjurkan untuk mengonsumsi lemak baik dan protein dengan jumlah sedang (sekira 25-30 gram setiap kali makan), serta karbohidrat. Makanlah empat kali sehari bila Anda berolahraga. Bila Anda tidak berolahraga, maka makanlah tiga kali sehari.

2. Mesomorf
Orang yang memiliki bentuk tubuh mesomorph sangat mudah membentuk otot dan biasanya memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Orang dengan bentuk tubuh ini dapat mengalami peningkatan dan penurunan berat badan dengan mudah, dapat membentuk otot dengan cepat, dan biasanya memiliki pundak yang lebar dan tegap.

Biasanya mereka memiliki batang tubuh yang lebih panjang dan anggota gerak yang pendek. Wanita dengan bentuk tubuh ini biasanya kuat dan atletik. Orang dengan bentuk tubuh mesomorph biasanya sangat terampil dalam berolahraga, terutama olahraga yang membutuhkan tenaga dan kecepatan. Hal ini karena jenis otot yang dimiliki oleh orang dengan bentuk tubuh mesomorf.

Secara genetik, orang dengan bentuk tubuh mesomorph memang memiliki tenaga dan kekuatan yang lebih baik. Untuk olahraga, pilihlah olahraga berjenis high-intensity interval training (HIIT) dan pliometrik. Olahraga seperti yoga dan pilates juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot Anda.

Untuk memaksimalkan komposisi tubuh, orang dengan bentuk tubuh mesomorf untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, karbohidrat dalam jumlah sedang, dan protein.

3. Endomorf
Orang dengan bentuk tubuh endomorph biasanya memiliki tubuh yang lebih lembut dan lebih bulat, serta mudah menyimpan lemak di dalam tubuh. Orang dengan bentuk tubuh ini biasanya mengalami kesulitan untuk menjaga berat badannya tetap ideal.

Hal ini karena metabolisme tubuh endomorf yang lambat. Namun bukan berarti semua orang dengan tipe tubuh endomorf akan mengalami obesitas atau memiliki berat badan berlebih.

Untuk menjaga berat badannya tetap ideal, orang dengan bentuk tubuh ini perlu berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang tepat untuk memicu metabolisme tubuh.

Olahraga yang cocok bagi orang dengan bentuk tubuh endomorf adalah HIIT dan olahraga angkat beban. Untuk makanan, konsumsilah lemak baik dan protein, tetapi batasi konsumsi karbohidrat Anda untuk memaksimalkan komposisi tubuh dan mengendalikan kadar insulin serta gula darah. ** Baca juga: Beberapa Makanan yang Dapat Pengaruhi Fungsi Ginjal

Apa jenis bentuk tubuh Anda?(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru