oleh

Ternyata Otot Juga Biasa Alami Stres

Kabar6-Setelah melakukan pekerjaan berat sepanjang hari, umumnya orang akan mengeluhkan rasa pegal atau kaku di area leher serta pundak. Kondisi seperti ini tentu saja membuat tubuh terasa tak nyaman.

Penyebab paling banyak tubuh terasa pegal atau kaku di pundak antara lain karena duduk dalam posisi yang sama dalam durasi lama, berolahraga berat terutama yang menggunakan banyak otot di daerah bahu, dan mengangkat beban berat.

Selain itu, penyebab lain adalah stres pada otot. Kondisi ini berbeda dengan otot yang pegal dan kaku karena melakukan aktivitas berat. Stres pada otot terjadi ketika Anda menahan suatu posisi yang menyebabkan otot berkontraksi untuk waktu yang lama.

Biasanya, melansir 1health, kondisi ini terjadi saat Anda tidur dengan posisi yang salah, sehingga menyebabkan otot terus berkontraksi dan tegang. Akibatnya, bisa menghambat regenerasi sel otot dan menyebabkan otot pegal dan kaku.

Bahkan pada beberapa orang, kondisi ini sampai bisa mengakibatkan penderita tak bisa menggerakkan lehernya sama sekali, akibat otot yang terus berkontraksi saat Anda tidur. Tak hanya saat tidur, posisi duduk yang terlalu lama juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Bagaimana solusinya? Cara sederhana untuk meredakan otot yang tegang adalah dengan mengompres otot menggunakan air hangat. Air hangat dapat membantu melemaskan otot dan memberikan efek rileksasi.

Kemudian, konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup akan membantu menghilangkan rasa kaku dan pegal. ** Baca juga: Tidak Hanya Nasi Putih, Ada Makanan Lain yang Juga Harus Dikurangi untuk Hindari Diabetes

Hal lain, lakukan peregangan bisa dilakukan saat Anda berada dalam kondisi yang mengharuskan duduk dalam waktu lama. Peregangan dilakukan agar otot pundak dan leher terhindar dari stres otot.(ilj/bbs)

Berita Terbaru