oleh

Ternyata Hormon Ini Bisa Pengaruhi Kebahagiaan Anda

Kabar6-Ada banyak komponen yang membuat tubuh Anda tetap bekerja dan berfungsi dengan baik. Salah satunya adalah hormon. Beberapa gangguan kesehatan disebabkan oleh hormon. Ya, hormon adalah zat penting dalam tubuh yang berperan dalam berbagai hal.

Hormon dalam tubuh juga mempengaruhi setiap emosi dan perasaan yang Anda alami. Setiap hormon dalam tubuh manusia memiliki fungsi yang signifikan terhadap metabolisme tubuh. Dan setiap hormon dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, stimulasi dari luar dan stimulasi dari dalam berupa perasaan bahagia.
Meski dapat mempengaruhi hormon-hormon lain di dalam tubuh, perasaan bahagia juga tumbuh dari beberapa hormon. Melansir beberapa sumber, ini hormon yang bisa mempengaruhi kebahagian Anda:

1. Serotonin
Hormon ini paling sering dikaitkan dengan perasaan bahagia. Hormon serotonin berasal dari proses perubahan biokimia kombinasi tritopan dengan tritopan hidroksilase. Serotonin juga berperan sebagai pembawa sinyal ke antar jaringan saraf.

Serotonin berguna sebagai pengatur suasana hati dan dapat mencegah depresi. Hormon serotonin dapat berdampak pada fungsi organ-organ tubuh, seperti saluran pencernaan, proses pembekuan darah, kepadatan tulang, rasa mual dan fungsi seksual.

Hormon ini dapat dilepaskan dengan mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat dan vitamin D, berolahraga, berpikir positif atau berada di bawah matahari pagi.

2. Dopamin
Hormon ini berperan penting untuk menjaga perasaan positif pada seseorang. Kekurangan hormon dopamin bisa mempengaruhi konsentrasi Anda jadi menurun, suasana hati yang memburuk, bahkan timbulnya rasa kurang diperhatikan. Hormon dopamin ini berfungsi meningkatkan kewaspadaan Anda dan menajamkan fokus pada satu hal.

Selain itu, hormin ini juga berfungsi sebagai vasodilator yaitu menjaga agar pembulu darah tetap lebar. Pembentukan hormon dopamin dapat didapat dari makanan mengandung protein dan B6 serta dengan berolahraga.

3. Endorfin
Hormon endorfin memiliki fungsi utama sebagai penghilang rasa sakit alami yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Selain sebagai penghilang rasa sakit alami tubuh, endorfin juga bisa memicu perasaan senang, behagia dan perasaan tenang. Hormon ini diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar hipofisis.

Mengonsumsi cokelat dapat membantu melepaskan hormon endorfin, sehingga menimbulkan rasa nyaman, tenang dan perasaan bahagia pada tubuh. Makanan dengan cita rasa pedas juga bisa membatu merangsang pelepasan hormon endorfin.

Hal ini karena pada saat mengonsumsi makanan pedas, reseptor pada lidah akan menangkap rasa sakit dari makanan tersebut, kemudian otak akan melepaskan endorfin sebagai penghilang rasa sakit yang diterima lidah.

4. Oksitosin
Oksitosin merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang berada di dasar otak. Hormon ini berkaitan dengan rasa cinta dan kepercayaan dalam diri seseorang.

Itulah mengapa hormon ini berperan penting menentukan tingkah laku seseorang. Respon emosi juga akan berkaitan dengan hormon ini. Hormon oksitosin dapat meningkatkan perasaan positif dan kecakapan sosial. Pelepasan hormon ini bisa dilakukan dengan berpelukan, menunjukan perasaan sayang, atau dengan melakukan pijat. ** Baca juga: Pakar Ungkapkan, Sering Menahan Kentut Bisa Sebabkan Napas Bau

Sudahkan Anda bahagia?(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru