oleh

Ternyata, Buang Gas Bantu Turunkan Tekanan Darah

Kabar6-Buang gas atau kentut tentu menjadi hal memalukan jika dilakukan di depan umum. Namun di balik hal memalukan itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kentut bisa mengobati tekanan darah tinggi. Kentut mengandung hidrogen sulfida, yang diproduksi oleh enzim dalam pembuluh darah.

Hidrogen sulfida, seperti dilansir Times of India, gas yang dihasilkan oleh bakteri dalam usus manusia. Para peneliti menemukan bahwa hal itu bisa mengontrol tekanan darah pada tikus lab. Hasil penelitian menunjukkan tikus dengan kadar gas buangan tinggi memiliki tekanan darah lebih rendah dibanding mereka yang jarang atau kurang kentut.

Boffins dari Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland, Amerika, menemukan hidrogen sulfida di flatus, yang lebih dikenal dengan kentut, juga diproduksi oleh enzim dalam pembuluh darah. Proses itu membantu menurunkan tekanan darah. Peneliti dari Southeast University di Nanjing, Tiongkok, juga mencari tahu kemungkinan pengobatan dari temuan tersebut. ** Baca juga: Siapa Sangka, Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Tubuh Cepat Lemas & Letih

“Potensi pengobatan dengan kentut masih harus diuji pada manusia,” kata Profesor Yao Yuyu dari Zhongda Hospital. Ditambahkan, “Gas juga bisa memiliki efek negatif pada bagian lain dari tubuh.” (ilj/bbs)

Berita Terbaru