oleh

Ternyata Beberapa Hal Berikut Dapat Kurangi Energi Anda

Kabar6-Makanan adalah sumber energi tubuh manusia untuk melakukan berbagai kegiatan. Energi yang Anda dapatkan untuk melakukan aktivitas fisik berasal antara lain dari karbohidrat, protein, dan lemak. Nah tahukah Anda, ternyata ada beberapa hal yang dapat mengurangi energi kita, lho. Dilansir Nhs, berikut adalah tujuh kebiasaan yang dimaksud:

1. Duduk pada posisi yang sama dalam waktu lama
Posisi seperti ini biasanya dilakukan saat Anda menonton televisi atau menggunakan komputer. Tubuh akan menyamakan hal ini dengan tidur. Solusinya, lakukanlah peregangan sesering mungkin, bangun dan berjalan berkeliling ruangan dapat membantu tubuh tetap aktif.

2. Postur tubuh yang buruk
Dibutuhkan banyak energi untuk menjaga tubuh anda tetap tegak. Postur tubuh yang buruk seperti membungkuk ke depan atau duduk merosot pada kursi akan membuat tulang belakang tidak berada pada suatu garis lurus. Semakin tidak lurus tulang belakang, semakin berat kerja otot punggung untuk mengkompensasinya.

Pastikan kepala anda berada pada satu garis lurus dengan tulang belakang, baik saat anda berjalan, duduk, atau berdiri. Pastikan telinga juga berada tepat di atas bahu Anda.

3. Diet ketat
Diet ketat untuk menurunkan berat badan tidak akan membantu tubuh Anda bekerja. Mengonsumsi makanan diet yang sangat rendah kalori, terutama bila Anda hanya mengonsumsi kurang dari 850 kalori setiap harinya, dapat membuat Anda merasa lebih lelah dan dapat mengganggu kesehatan. Turunkan berat badan dengan melakukan diet sehat, hindari makanan siap saji dan makanan manis serta kurangi porsi makan. Turunkan berat badan tidak lebih dari satu kilogram setiap minggunya.

4. Terlalu lama berada dalam ruangan
Kurangnya paparan sinar matahari dan udara segar juga dapat membuat Anda merasa lelah. Keluarlah dari ruangan atau rumah selama 10 menit untuk berjalan-jalan setidaknya satu kali sehari atau saat Anda merasa sangat lelah. Beberapa menit dalam ruangan yang dipenuhi oleh sinar matahari alami juga dapat membuat Anda merasa lebih baik.

5. Sarapan tinggi karbohidrat
Sarapan tinggi karbohidrat seperti sereal, roti, dan muffin akan meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat, akan tetapi juga turun secepat naiknya beberapa jam kemudian. Hal ini akan membuat Anda merasa lelah akibat kehilangan energi.

Konsumsilah makanan yang melepaskan energi lebih stabil walaupun lebih lama seperti roti gandum dan telur. Pilihlah makanan rendah garam dan gula sebagai menu sarapan.

6. Rasa khawatir berkepanjangan
Jika Anda mengkhawatirkan waktu sepanjang hari, denyut jantung dan tekanan darah akan naik, serta otot pun menjadi tegang, yang membuat Anda merasa lelah dan nyeri. Mulailah berpikir positif dan segera selesaikan masalah sehingga Anda tidak perlu lagi merasa khawatir.

7. Terlalu banyak berolahraga
Berolahraga secara teratur sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun berolahraga secara intensif setiap harinya dapat membuat kadar energi tubuh menurun, terutama bila Anda merupakan seorang pemula atau sedang berusaha kembali berolahraga. ** Baca juga: Tidak Usah Takut Gemuk dengan Konsumsi 3 Camilan Ini

Beristirahatlah selama satu hari di antara berbagai olahraga berat tersebut, namun jangan lebih dari dua atau tiga hari, karena dapat membuat Anda kehilangan minat untuk berolahraga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru