oleh

Ternyata Beberapa Benda Ini Bisa Jadi Penyebab Timbulnya Jerawat

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia mengatakan bahwa tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Namun tahukah Anda terdapat beberapa benda yang ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Dikutip dari Kawaii Beauty Japan, berikut uraiannya:
1. Handphone
Teknologi layar sentuh membuat Anda harus selalu menyentuh layar dengan tangan kotor dan banyak kuman. Saat menelepon, layar HP pun bersentuhan langsung dengan wajah, sehingga kotoran dan kuman yang terdapat pada layar HP menempel pada wajah. Kondisi inilah yang sering tidak disadari memicu munculnya jerawat pada area pipi dan rahang.

2. Headset
Bakteri dan kotoran yang menempel pada kabel headset akan berpindah ke kulit wajah ketika digunakan. Untuk itu, membersihkan kabel headset menggunakan alkohol setidaknya perlu dilakukan untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada kabel.

3. Bantal
Posisi miring merupakan posisi tidur yang paling difavoritkan banyak orang. Saat tidur miring, wajah menempel langsung dengan bantal. Nah, bantal yang digunakan sehari-hari terkontaminasi kotoran, bakteri, bahkan tungau. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya jerawat pada area wajah. Siasati kondisi ini dengan rutin mengganti sarung bantal.

4. Kacamata
Bakteri yang menempel pada kacamata bercampur dengan minyak di wajah serta make up yang Anda pakai menyebabkan timbulnya jerawat. Jadi bersihkan bingkai kacamata secara rutin setiap hari dengan alkohol bisa membantu mengurangi penyebab jerawat.

5. Kuas make-up
Kuas yang digunakan setiap hari membuat make up menempel pada kuas dalam waktu lama. Hal itu menjadi sarang kuman dan bakteri, sehingga ketika Anda menyapukan make up menggunakan kuas, kotoran dan bakteri akan berpindah ke wajah.

6. Tangan
Meskipun bukanlah sebuah benda, tanpa disadari tangan menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Jika Anda sering memegangi wajah, tidak heran jika jerawat makin semakin parah.

Ya, tangan merupakan sarang kotoran dan bakteri karena tangan menempel ke banyak benda di sekitar. Mulai batasi diri agar tidak lagi memegangi wajah dengan menggunakan tangan yang kotor. ** Baca juga: Mengapa Urine Sering Berbau Tak Sedap?

Peduli pada kesehatan dan kecantikan wajah dimulai dari hal-hal sepele.(ilj/bbs)

Berita Terbaru