oleh

Ternyata Ada 3 Jenis Orang yang Butuh Lebih Banyak Protein

Kabar6-Protein memiliki peran penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Kebanyakan protein merupakan enzim atau sub-unit enzim.

Manfaat protein bagi tubuh berhubungan dengan hampir segala aktivitas keseharian yang Anda lakukan. Terlebih, protein merupakan salah satu zat yang paling melimpah di setiap sel dalam tubuh manusia.

Karena itulah, Anda harus memenuhi asupan protein harian jika ingin tetap sehat. Di sisi lain, ada tiga jenis orang yang ternyata membutuhkan lebih banyak protein. Siapa sajakah itu? Melansir Womantalk, berikut penjelasannya:

1. Orang yang ingin turunkan berat badan
Jika Anda sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, memotong asupan kalori adalah salah satu cara ampuh. Namun menurut sebuah studi pada Desember 2019, di saat yang bersamaan, Anda juga harus mengonsumsi lebih banyak protein, yaitu sekira 1,3 gram protein per kilogram berat badan.

Normalnya, Reference Daily Intake (RDI) menyarankan wanita sebaiknya mengonsumsi 0,8 gram protein per kilogram berat badan. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, salah satu alasan protein dapat membantu menurunkan berat badan adalah karena dapat membantu Anda merasa kenyang.

Untuk bisa meningkatkan hormon kenyang tersebut, tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk dimetabolisme yang berasal dari protein. ** Baca juga: 3 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Sebagai Tabir Surya

2. Orang yang aktif membangun otot
Jika saat ini Anda sedang rajin membangun massa otot tubuh, maka disarankan untuk meningkatkan asupan protein harian. Sebuah tinjauan nutrisi olahraga yang diterbitkan Juni 2017 dalam Jurnal International Society of Sports Nutrition, menemukan bahwa orang yang aktif bekerja untuk membangun otot setidaknya harus makan sekira 1,6 gram protein per kilogram berat badan setiap hari.

3. Orang yang berusia lebih tua
Kebutuhan protein manusia akan berubah seiring bertambahnya usia. Menurut makalah yang diterbitkan oleh kelompok studi internasional pada Agustus 2013, orang dewasa sehat yang berusia 65 dan lebih tua harus mengonsumsi 1-1,2 gram protein per kilogram berat badan setiap hari.

Jika dalam kondisi sakit, maka asupan protein juga bertambah menjadi 1,2-1,5 gram per kilogram berat badan setiap hari. Orang yang sudah berusia di atas 65 tahun dan masih sehat, harus menjaga asupan protein agar tercukupi setiap hari, sehingga kesehatan selalu terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru