Ternyata 6 Hal Tak Terduga Ini Bisa Sebabkan Migrain

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Migrain atau sakit kepala sebelah adalah penyakit yang banyak dialami masyarakat modern. Saat seseorang mengalami migrain, otomatis aktivitas keseharian akan menjadi terganggu. Namun tahukah Anda, dikutip dari berbagai sumber, ternyata terdapat enam hal tak terduga yang ternyata dapat menyebabkan migrain. Apa sajakah itu?

1. Bekerja saat makan siang
Melewatkan makan siang dengan bekerja dapat menyebabkan migrain. Hal tersebut dapat memengaruhi hipotalamus, yaitu bagian otak yang mengatur siklus hidup. Selain itu, menunda makan siang juga dapat membuat kadar gula darah Anda menurun, sehingga kemudian menimbulkan migrain.

2. Tidur terlalu lama
Selain kurang tidur, hal yang dapat menyebabkan migrain adalah tidur terlalu lama dari biasanya. Cobalah tidur secara teratur, termasuk di akhir pekan.

3. Liburan
Stres memang dapat menyebabkan migrain. Untuk itu banyak orang yang berusaha menghilangkan stres dengan cara liburan. Namun liburan yang dilakukan setelah Anda melewati hari yang sulit, juga dapat menyebabkan migrain.

Hal tersebut terjadi karena adanya penurunan hormon kortisol yang tiba-tiba. Untuk mencegahnya, cobalah melakukan olahraga kecil untuk memulai liburan Anda, seperti berjalan kaki atau beberapa gerakan pemanasan.

4. Olahraga
Penelitian yang dilakukan oleh Headache Center Atlanta, menemukan bahwa 22 persen penderita migrain disebabkan oleh olahraga. Tapi migrain baru akan muncul pada orang yang baru memulai olahraga dan tidak terbiasa untuk berolahraga sebelumnya.

5. Cuaca
Angin atau cuaca yang lebih panas dari hari sebelumnya dapat menyebabkan Anda migrain. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard, menemukan bahwa peningkatan suhu dari hari sebelumnya dapat meningkatkan risiko migrain sebanyak 7,5 persen.

6. Obesitas
Obesitas dapat meningkatkan risiko terjadinya migrain hingga 81 persen. Obesitas merupakan peradangan kronis yang dapat membuat Anda lebih sering merasakan migrain. ** Baca juga: Mitos Kesehatan yang Belum Diketahui Kebenarannya

Jadi perhatikan apa saja yang membuat Anda terserang migrain.(ilj/bbs)