oleh

Ternyata 5 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Rasa Mual Saat Gosok Gigi

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Menggosok gigi menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut secara keseluruhan. American Dental Association merekomendasikan menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari.

Nah, pernahkan Anda merasa mual dan ingin muntah saat sedang menggosok gigi? Mengapa hal itu seringkali terjadi? Dikutip dari Hello Sehat, berikut adalah lima faktor yang menyebabkan rasa mual dan ingin muntah tersebut:

1. Sikat gigi terlalu besar
Menggunakan sikat gigi yang terlalu besar atau tak sesuai ukuran bisa menyodok bagian belakang mulut secara berlebihan. Diketahui, bagian belakang mulut ada bagian yang disebut pusat muntah. Bila bagian ini disentuh atau tersodok sesuatu secara tidak wajar, Anda bisa mengalami mual atau muntah.

2. Hamil
Wanita yang sedang hamil muda akan mengalami morning sickness atau mual pada pagi hari. Tidak jarang hal inilah yang menyebabkan Anda mual saat gosok gigi.

3. Sakit maag
Penyebab refleks muntah yang dialami saat menyikat gigi lainnya dikaitkan dengan penyakit maag atau gangguan lambung. Ketika asam lambung meningkat, maka bisa menyebabkan Anda mual saat gosok gigi.

4. Trauma sikat gigi
Jika Anda pernah muntah secara tidak sengaja karena menggosok gigi terlalu kencang, hal ini ternyata bisa membuat Anda sedikit ‘trauma’ untuk menggosok gigi. Hal ini biasanya membuat refleks perut kita menjadi mual dan terasa ingin muntah kembali sesuai apa yang kita pikirkan saat itu ketika sedang menyikat gigi.

5. Gunakan pasta gigi yang tidak tepat
Siapa sangka, menggunakan pasta gigi yang tidak tepat juga bisa memicu rasa mual saat menggosok gigi. Ditambah  lagi karena adanya pengaruh dari rasa atau pasta gigi yang digunakan. ** Baca juga: Makanan Rakyat, Tempe Miliki 4 Manfaat Maksimal

Jadi, agar tidak mual atau ingin muntah, hindari hal-hal yang menyebabkan hal tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru