oleh

Terlibat Sindikat Narkotika Afrika, 3 WNI Ditangkap

Kabar6-Seorang perempuan berinisial HS (37) serta dua laki-laki S (54) dan MS (40), diamankan petugas kepolisian karena terbukti menerima paket sabu, yang berhasil dideteksi pihak Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Jum’at (28/11/2014).

Ketiga Warga Negara Indonesia (WNI) ini diduga terlibat dalam sindikat narkotika internasional, yang langsung terhubung dengan para bandar besar di Afrika Selatan.

Kepala Kantor Bea Cukai Bandara Internasional Soekarno Hatta Okto Irianto mengatakan, pada kasus pertama, sabu seberat 338 gram  disembunyikan dalam sebuah buku tentang Nelson Mandala (World That Made Mandela).

Buku tersebut dikirim pada Jumat (7/11/2014) lalu, dari Kota Bedfordview, dan diterima oleh tersangka HS, di Cimanggis, Depok.

“Pada kasus kedua, sabu seberat 590 dikirim pada Sabtu (15/11/2014). Barang haram tersebut, disembunyikan dalam buka Nelson Mandela, dan diterima oleh tersangka S dan MS, di Koja, Jakarta Utara,” jelas Okto.

Menurutnya, upaya penyelundupan melalui paket pengiriman tersebut, diketahui atas pemeriksaan X-Ray di Terminal cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Petugas cutiga dengan tampilan buku di mesin X-Ray. Dan akhirnya petugas melakukan pemeriksaan fisik, ternyata isinya sabu-sabu,” tukasnya.

Okto juga menegaskan, bahwa total estimasi nilai barang bukti pertama sekitar Rp524 juta. Sedangkan, kasus yang kedua ditaksir mencapai Rp796 juta. **Baca juga: Ratusan Pengendara Terjaring Operasi Zebra di Kota Tangerang.

Selain itu, lanjut Okto, pihaknya pun berhasil mengungkap, kiriman paket sabu yang disembunyikan dalam mesin printer, dari Guangzhou, China pada Sabtu (15/11/2014) lalu. Uniknya, paket itu datang bersaman dengan barang bukti kasus kedua yang dari Afrika.

“Ya, sabu itu beratnya sekitar 3,2 Kg, dengan nilai estimasi Rp 4,4 miliar. Namun, penerimanya belum diketahui, karena atas nama perusahaan di Ciracas, Jakarta Timur. Jadi kita masih kembangkan kasus ini,” katanya.(ges)

 

Berita Terbaru