oleh

Terlalu Pilih-pilih Makanan Sebabkan Sejumlah Nutrisi Penting yang Masuk Tubuh Jadi Sedikit

Kabar6-Apakah Anda seorang ‘pemilih’ makanan? Setiap akan mengisi perut, Anda selalu memilih makanan yang dirasa menarik, tanpa mempedulikan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Kebiasaan terlalu memilih makanan tentu saja akan merugikan Anda, salah satunya adalah menutup kemungkinan untuk mencoba berbagai makanan baru, yang bisa jadi lebih bergizi.

Orang yang bersemangat mengonsumsi semua jenis makanan cenderung memiliki pola makan yang lebih kaya vitamin dan mineral. Sebuah penelitian, melansir Womantalk, juga menyebutkan bahwa mereka yang terbuka mencoba makanan baru, mengonsumsi lebih banyak protein, lemak sehat, dan magnesium daripada orang yang tidak. Bahkan, penelitian dari Finlandia mengungkapkan, wanita yang senang petualang juga cenderung makan 50 persen lebih banyak sayuran.

Kemudian, orang yang mengonsumsi berbagai macam makanan lebih kecil kemungkinannya menderita peradangan yang merusak tubuh. Studi terbaru dari American Journal of Clinical Nutrition menemukan, orang dalam kelompok tersebut juga memiliki kadar kolesterol dan omega-3 yang lebih baik sehingga risiko terkena diabetes dan penyakit jantung menjadi lebih rendah.

Penjelasan yang paling masuk akal adalah karena pencinta makanan lebih cenderung makan ikan dan mendapatkan asupan lemak menguntungkan darinya. ** Baca juga: Turunkan Berat Badan Saat Tidur, Begini Caranya

Berani mencoba makanan baru tentu saja akan membawa kebaruan dalam hidup, sehingga Anda akan terhindar dari kebosanan akibat mengonsumsi makanan yang itu-itu saja.

“Ketika Anda mulai mengubah kebiasaan makan, Anda bisa menikmati lebih banyak rasa, tekstur, dan kombinasi bahan yang menarik, termasuk rempah-rempah, yang sarat dengan antioksidan. Bukan tidak mungkin, begitu mulai melakukan ini, Anda terinspirasi untuk mulai memasak sendiri lebih banyak jenis makanan,” jelas Sara Haas, R.D.N., seorang ahli diet kuliner.

Para ahli mengatakan, mengonsumsi berbagai jenis makanan kaya probiotik dan prebiotik, baik untuk bakteri usus bermanfaat yang membantu menjaga kita tetap sehat. Dan hal ini tidak akan mungkin terjadi jika Anda seorang pemilih makanan, yang enggan mencoba berbagai makanan baru. Padahal, bisa jadi jenis makanan baru itu sebenarnya menyehatkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru