oleh

Terlalu Banyak Pertimbangan Justru Sebabkan Anda Konsumsi Lebih Banyak Makanan

Kabar6-Saat dihadapkan pada banyak pilihan makanan, seringkali Anda merasa bingung dan memiliki sejumlah pertimbangan untuk mengonsumsi makanan mana yang tidak membuat berat badan naik.

Dan yang terjadi selanjutnya, Anda justru mengonsumsi lebih banyak makanan. Dalam studi yang dilakukan oleh Utrecht University, melansir TabloidBintang, para peneliti menjelaskan bahwa meluangkan waktu untuk berpikir sebelum makan, memberikan waktu bagi diri kita untuk menciptakan alasan sehingga malah mengonsumsi makanan yang seharusnya dihindari.

Seseorang akan cenderung menjadi kreatif, lalu membuat berbagai alasan untuk dapat mengonsumsi makanan yang diinginkan. ** Baca juga: Selain Berjemur, Ada Cara Lain Dapatkan Vitamin D

“Mereka dapat menentukan keinginan mengonsumsi kue dengan pertimbangan alasan telah bekerja keras, akan berolahraga besok, atau karena sebuah acara istimewa, atau tidak sopan jika menolak,” ungkap Jessie De Witt Huberts, seorang peneliti yang terlibat studi tersebut.

Penemuan ini didasari oleh ulasan dari 50 studi yang telah dipublikasikan sebelumnya dan telah disertakan dalam jurnal Personality and Social Psychology Review.

“Dengan mempertimbangkan, kita sering membuat alasan atas perilaku yang berbeda-beda. Jadi ketika mengalami dilema menghadapi keinginan langsung dan niat jangka panjang, orang menyelesaikan permasalahan dengan cara mengembangkan dan menerapkan pembenaran yang memperbolehkan pelanggaran.”

Karena itu, jika telah menetapkan sebuah diet, usahakan agar tidak berpikir sebelum mengonsumsi makanan. Tegaskan diri untuk mengatakan tidak, agar terhindar dari hal tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru