oleh

Terdengar Aneh, Fobia Ini Benar-benar Ada

Kabar6-Fobia adalah rasa takut berlebihan terhadap sesuatu. Ketakutan tersebut dapat timbul saat menghadapi situasi, berada di suatu tempat, atau ketika melihat hewan tertentu. Dalam kondisi fobia yang parah, penderitanya akan berusaha menghindar dari objek yang dapat memicu ketakutan.

Fobia sebenarnya termasuk ke dalam penyakit gangguan kecemasan. Kondisi ini dapat membuat penderitanya depresi, panik, serta membatasi kegiatan.

Kebanyakan kasus fobia spesifik dialami oleh penderitanya sejak masa kanak-kanak atau remaja. Sedangkan fobia kompleks umumnya mulai berkembang ketika penderitanya memasuki kehidupan dewasa.

Nah dari sekian banyak fobia, terdapat beberapa jenis yang terdengar aneh, namun benar-benar ada. Melansir halodoc, ini lima jenis fobia yang dimaksud:

1. Fobia badut atau Coulrophobia
Bagi pengidap fobia ini, berhadapan langsung dengan badut bukan merupakan suatu hal yang menarik, bahkan lucu. Tidak hanya sekadar takut biasa, orang dengan coulrophobia juga akan sulit untuk mengontrol ketakutannya, sehingga mereka bisa saja langsung menjerit histeris ketika muncul sosok badut di hadapannya.

Menurut orang normal, mungkin respon para pengidap fobia badut akan terasa aneh dan tidak masuk akal. Pengidap fobia badut bahkan bisa memiliki perasaan takut, cemas, dan panik hanya dengan membayangkan sosoknya.

Selain itu, para pengidap fobia ini akan mendadak mual, jantung berdetak dengan sangat cepat, napas tidak teratur, dan berkeringat deras saat harus berhadapan dengan badut.

2. Fobia tempat keramaian atau Agoraphobia
Merupakan salah satu jenis gangguan cemas pada manusia. Pengidapnya akan merasa ketakutan yang berlebihan dan menghindari tempat atau situasi yang menimbulkan rasa panik dan membuatnya malu.

Pengidap agoraphobia akan berpikir ribuan kali untuk menggunakan sarana umum seperti angkutan umum, antre membeli tiket tiket bioskop, atau tempat terbuka seperti tempat parkir.

3. Fobia lubang kecil atau Trypophobia
Merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami ketakutan terhadap kelompok lubang-lubang kecil. Kondisi ini bisa dipicu ketika seseorang melihat pola lubang kecil yang bergerombol. Seseorang dengan fobia ini akan merasa merinding, takut, gatal pada kulit, berkeringat, mual, panik, merasa jijik, dan cemas.

4. Fobia jauh dari ponsel atau Nomophobia
Merupakan salah satu fobia yang banyak dialami saat ini, yaitu pengidapnya akan mengalami ketakutan karena tidak punya telepon seluler. Tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak yang mengalami ketergantungan dengan ponsel.

Fobia ini bisa saja jadi fobia yang paling aneh di zaman modern. Seseorang dengan nomophobia akan mengalami rasa cemas yang saat telepon genggam mereka tidak memiliki sinyal, kehabisan baterai, tidak bisa mengisi baterai, dan tidak memiliki akses untuk internet.

5. Fobia cermin atau Spectrophobia
Pengidap spectrophobia akan merasa takut pada cermin atau kaca dan bayangannya sendiri atau dengan benda apapun yang bisa merefleksikan dirinya. Fobia ini biasanya berakar dari hal-hal traumatis yang melibatkan kaca, misalnya seperti ketakutan akan ada sosok yang muncul di kaca, seperti hantu. Fobia pada cermin juga bisa dialami karena rasa rendah diri dan tidak percaya diri akan penampilan diri sendiri. ** Baca juga: Olahraga Berlebihan Tidak Dianjurkan

Apakah Anda termasuk salah satunya? (ilj/bbs)