oleh

Terapkan Sejumlah Pola Makan Sehat Agar Terhindar dari Obesitas

Kabar6-Obesitas adalah kondisi kronis akibat penumpukan lemak dalam tubuh yang sangat tinggi. Obesitas terjadi karena asupan kalori yang lebih banyak dibanding aktivitas membakar kalori, sehingga kalori yang berlebih menumpuk dalam bentuk lemak.

Apabila kondisi tersebut terjadi dalam waktu yang lama, tentu saja akan menambah berat badan hingga mengalami obesitas. Bagaimana solusinya? Melansir Beautynesia, ada sejumlah pola makan sehat yang dapat dilakukan agar terhindar dari obesitas. Apa sajakah itu?

1. Hindari konsumsi daging merah secara berlebihan
Lebih disarankan mengonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung protein rendah lemak, seperti dada ayam dan ikan salmon, karena protein berperan penting untuk seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

2. Perbanyak konsumsi sayur
Sayur mengandung serat larut dan tidak larut. Begitu juga dengan vitamin, mineral dan antioksidan.

3. Hindari makanan yang mengandung lemak trans
Lemak trans diketahui banyak terkandung dalam makanan cepat saji, makanan instan, dan junk food. Jenis lemak seperti ini bisa menambah berat badan dengan cepat.

4. Batasi asupan gula berlebihan
Untuk asupan gula disarankan tidak lebih dari 10 persen total kalori harian. Wanita dengan berat badan normal misalnya, butuh sekira 1.900 Kcal per hari, sehingga asupan gula tak boleh lebih dari 10-11 sendok teh. Lebih baik lagi kalau bisa menekannya di bawah lima persen.

5. Sediakan makanan atau camilan sehat
Penelitian menunjukkan, makanan yang disimpan dalam rumah atau yang di sekeliling kita sangat mempengaruhi berat badan dan perilaku makan kita. Karena itulah, sediakan makanan yang sehat untuk camilan sehari-hari seperti buah dan sayuran yang kaya serat.

Ada banyak camilan sehat dan alami yang mudah dibawa saat Anda bepergian, seperti yoghurt, buah potong, kacang-kacangan, dan telur rebus. ** Baca juga: Pakar Sebutkan Penyebab Seseorang Sulit Lupakan Cinta Pertama

Mudah, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru