oleh

Terapkan Konsep GSBM, Ini Perubahan SDN Pondok Benda 01

Kabar6-Kepala Sekolah SDN Pondok Benda 01, Adi Jahudi mengaku banyak perbedaan sikap dan semangat murid di sekolahnya dikarenakan menggunakan konsep ‘Cinta kebersihan, tanpa menciptakan sampah’ berdasarkan Gerakan Sekolah Bersih Menyenangkan (GSBM).

“Dulu siswa membuang sampah sembarangan dan dimana saja, sekarang dia mampu me-manage sampah dia yang menciptakan dia yg bertanggung jawab untuk dibawa pulang sebagai sodakoh kepada pemulung,” ujarnya kepada Kabar6.com melalui aplikasi pesan singkat. Rabu (8/1/2020).

Adi mengatakan, siswa dan wali murid dulu tidak diberi tanggung jawab terhadap sekolah, sekarang siswa dan wali murid merasa bertanggung jawab untuk sekolah tetap betsih dan menyenangkan.

“Demikian juga dengan guru-guru nya kurang motifasi untuk berinovasi karena tidak disentuh dengan rasa bahwa betapa indah dan menyenangkan untuk berbuat lebih dari sekedar mengajar dan menerima gajih, yaitu meraih ibadah,” ungkapnya.

Lanjut Adi, dirinya menyaksikan guru-guru terheran-heran melihat perubahan yang dirinya lakukan dengan peran serta wali murid yg sangat antusias, padahal dulu wali murid sangat tidak mendukung untuk sebuah perubahan, dirinya melihat ini adalah rejeki yang bersifat immateril bagi dirinya dan guru-guru.

**Baca juga: Usung Konsep GSBM, SDN Pondok Benda 01 Percantik Ruang Kelas.

“Karakter siswapun berubah drastis, sangat sopan, tampil bersih,semangat berangkat sekolah bahkan sudah pulangpun sorenya datang lagi menengok sekolah, saya tanya kenapa ke sekolah lagi? Sekolahnya enak (menyenangkan -red) pak,” jelasnya.

Adi menjelaskan, inilah yang dikatakan sekolah sebagai rumah kedua bagi siswa.

“Karakter guru pun sangat berubah drastis, wajahnya bersinar, menyambut siswa datang di depan pintu, padahal sebelumnya tidak,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru