oleh

Temuan Unik di Meksiko, Menara dari Ratusan Tengkorak Manusia

Tengkorak membentuk menara.(Independent)
Tengkorak membentuk menara.(Independent)

Kabar6-Sebanyak 676 tengkorak manusia yang terpendam di dalam sebuah menara di dekat Templo Mayor, di ibukota Aztec Tenochtitlan, Meksiko, ditemukan oleh sekelompok arkeolog.

Diketahui, orang-orang Aztec dan Mesoamerican lainnya secara teratur melakukan upacaya pengorbanan manusia sebagai persembahan untuk Dewa Matahari. “Kami berharap hanya (tengkorak) laki-laki, laki-laki muda, seperti prajurit, dan anak-anak dan perempuan tak mungkin dikirim untuk berperang,” ujar Rodrigo Bolanos, antropolog biologi yang menyelidiki temuan tersebut.

Tengkorak yang sudah dibersihkan.(NBC News)
Tengkorak yang sudah dibersihkan.(NBC News)

Menurut Blanos, dilansir Independent, terdapat sesuatu yang terjadi tapi tidak tercatat, dan merupakan hal yang benar-benar baru pertama di Huey Tzompantli. Hal itu adalah menara yang terbuat dari tengkorak manusia, merupakan bagian dari Huey Tzompantli, struktur tengkorak yang dibangun untuk menakut-nakuti penakluk Spanyol saat mereka merebut kota dibawah pimpinan Hernan Cortes pada 1521.

Raul Barrera, seorang arkeolog, menegaskan bahwa ini adalah salah satu bangunan tengkorak yang disebutkan oleh Andres de Tapia, seorang tentara Spanyol yang bertempur bersama Cortes. ** Baca juga: ChiChi, Aplikasi Unik Sekaligus Akurat Deteksi Ukuran Bra

Penggalian di Mexico City ini sendiri dimulai pada 2015 silam. Tengkorak-tengkorak tersebut, ditambahkan Barrera, akan dipasang di menara yang berdiameter sekira enam meter setelah dipamerkan ke publik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru