oleh

Tempat Tinggal Nyaris Ambruk, Jantung Warga Kalanganyar Lebak Ini Kambuh hingga Dirawat di Rumah Sakit

Kabar6-Sebuah rumah panggung terbuat dari kayu dan berdinding bilik bambu di Kampung Cicenang, Desa Pasirkupa, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak harus disangga menggunakan kayu dan bambu lantaran kondisinya yang hampir ambruk.

Rumah yang tidak layak huni tersebut merupakan tempat tinggal Samlawi (35) bersama istrinya Lina dan kedua anaknya. Memprihatinkan kondisinya, tiang-tiang penyangga dan atap rumah pun nampak sudah rapuh.

“Tiang-tiang penyangga itu dibuat warga dengan gotong royong. Samlawi sama keluarganya ngungsi ke rumah saya,” tutur Samsiah, ibu Samlawi kepada wartawan, Senin (11/11/2019).

Nyaris ambruknya rumah Samlawi terjadi pada Minggu (10/11) sore. Samlawi beserta keluarganya bergegas ke luar rumah karena khawatir rumah mereka ambruk.

Namun, akibat kejadian itu penyakit jantung Samlawi kambuh hingga ia harus dirawat di RSUD dr Adjidarmo Rangkasbitung.

“Dia kaget, jantungnya kambuh. Memang udah satu tahun sakitnya,” ucap Samsiah.**Baca juga: 42 Kepala Madrasah di Lebak Ikuti Bimtek Penguatan Kompetensi.

Penyakit yang diderita Samlawi membuatnya tak sanggup lagi mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya, hingga istrinya yang menjadi tulang punggung ekonomi rumah tangga.

“Samlawi tidak kuat ke luar rumah, jadi menantu saya yang bekerja untuk kebutuhan sehari-hari,” tuturnya.

Namun, penghasilan yang didapat Lina menjadi pembantu rumah tangga tak memungkinkan untuk memperbaiki rumah mereka.

“Anak keduanya juga tidak sekolah, ya karena itu tadi, masalah biaya,” imbuhnya.(Nda)

Berita Terbaru