oleh

Teliti Sebelum Memakai Kondom

IustrasiKabar6-Kondom merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang terbuat dari bahan latex atau karet khusus. Pasangan resmi alias yang sudah menikah menggunakan kondom salah satunya adalah untuk mencegah kehamilan.

 

 

Meskipun dinilai sebagai cara yang aman sebagai alat kontrasepsi, Sebaiknya Anda pun teliti sebelum memakai, karena kondom pun dapat robek atau bocor. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda:

 

1. Selalu mengecek kemasan kondom saat membeli. Pastikan bahwa kondom yang Anda beli masih utuh dan tidak cacat. Belilah kondom di apotik atau toko-toko yang terpercaya.

 

2. Usahakan jangan menyimpan kondom dalam tas atau dompet, karena cara ini justru berpotensi mengakibatkan kerusakan pada kondom yang dapat robek karena terkena tusukan benda lain atau akibat suhu dalam tas/dompet yang kurang baik. Kondom sebaiknya disimpan pada tempat yang memiliki suhu sedang serta tidak lembab.

 

3. Kondom dipasang saat Anda bersama pasangan telah melakukan foreplay yang cukup sehingga mempermudah penetrasi. Selain lubrikasi alami saat foreplay, Anda dapat juga menggunakan pelumas buatan sehingga kondom tidak mudah robek.

 

4. Tidak disarankan memakai kondom yang terlalu ketat, karena rawan robek atau bocor.

 

5. Sebelum memakai kondom, sebaiknya mengeringkan alat kelamin terlebih dahulu, agar kondom tidak tergelicir dan sulit dipasangkan, sehingga menghindari kondom menjadi robek atau bocor.

 

6. Memakai kondom saat alat kelamin sudah benar-benar ereksi, sehingga Anda dan pasangan dapat memperkirakan apakah kondom tersebut berpotensi robek atau tidak.

 

7. Sebaiknya Anda berhati-hati ketika membeli kondom, karena saat ini marak peredaran kondom bajakan yang memiliki kualitas kurang bagus, sehingga berpotensi besar mengalami robek dan bocor.

 

Sekali lagi perlu diingatkan, membeli dan memakai kondom tentu saja hanya dilakukan oleh pasangan yang telah menikah resmi, yang memang sengaja menunda untuk memiliki anak.(ilj)

**Baca juga: Cinta Pertama Tetap Di Hati?

Berita Terbaru