Telan Siput Hidup, Seorang Pria Jadi Lumpuh

kabar6.com
Sam Ballard saat sehat & ketika lumpuh akibat menelan siput hidup-hidup.(The Sun)

Kabar6-Malang benar nasib Sam Ballard (28). Gara-gara menerima sebuah tantangan dari seorang temannya, pria asal Australia ini menjadi lumpuh. Tantangan yang dilakukan adalah menelan seekor siput hidup.

Usai menelan siput hidup, seperti dilansir The Sun, Sam yang langsung merasakan nyeri di beberapa bagian tubuhnya, segera dilarikan ke Royal North Shore Hospital. Dokter mendiagnosis Sam mengalami infeksi akibat cacing parasit jenis Angiostrongylus cantonensis yang biasanya ditemukan pada hewan pengerat, seperti tikus. Namun siput juga dapat terinfeksi jika memakan kotoran tikus yang mengandung parasit ini. Jika parasit tersebut masuk ke tubuh manusia, rentan menyebabkan kondisi eosinophilic meningo-encephalitis yang menyerang otak.

Setelah insiden itu, Sam sempat koma selama 420 hari, dan saat siuman ia mengalami kelumpuhan akibat gangguan yang terjadi pada sistem saraf otaknya. Sam kerap mengalami kejang-kejang dan tidak dapat mengatur suhu tubuhnya.

Beruntung Sam berhasil memperoleh bantuan dana pengobatan dari National Disability Insurance Scheme (NDIS) sebesar sekira Rp6,75 miliar. Sayangnya, bantuan ini mendadak dipangkas hingga Rp1,8 miliar. Alhasil, keluarga Sam masih menunggak biaya perawatan sebesar sekira Rp577 juta. ** Baca juga: Terekam Kamera, Sebelum Mencuri Pria Ini Berdoa Terlebih Dahulu

“Kondisi ini mengubah hidup Sam selamanya, mengubah hidup saya selamanya. Dampaknya besar sekali,” kata ibunda Sam, Katie Ballard. “Dulu Sam anak yang tangguh dan tidak pernah goyah,” tambahnya mengenang masa remaja sang anak.(ilj/bbs)