oleh

Telan Korban, Portal di Tanjakan Tajur Lebak Dibongkar Warga

Kabar6-Portal di Jalan Sampay-Gunungkencana (Tanjakan Tajur), tepatnya di Desa Curugpanjang, Kecamatan Cikulur, Lebak, dibongkar masyarakat setempat.

Bukan tanpa alasan, portal yang belum lama dipasang untuk mencegah kendaraan besar melintasi ruas jalan tersebut dibongkar lantaran menelan korban jiwa.

Kepala Desa Curugpanjang Yadi menyebut, ada 2 orang meninggal dunia setelah terbentur bagian atas portal yang tingginya hanya sekitar 2 meter. Menurut warga, tinggi portal terlalu rendah.

“Belum lama ini 1 orang dan kemarin 1 orang juga meninggal. Iya sedang naik mobil losbak,” kata Kepala Desa Curugpanjang, Yadi kepada Kabar6.com, Sabtu (30/4/2022).

Menurut Yadi, ia menyambut baik keberadaan portal yang dipasang untuk mencegah kendaraan besar melintas di jalan tersebut. Namun sebaiknya, ketinggian portal bisa ditinjau lagi.

“Saya paham portal itu dipasang oleh Dinas PUPR tidak lain untuk menjaga kondisi jalan supaya tidak mudah rusak, tetapi harapannya tidak segitu tingginya, mungkin sekitar 2 meteran lah. Dan saya harap dinas bisa peka dari kejadian ini,” tutur Yadi.

Terpisah, Kepala Bina Marga Dinas PUPR Lebak Hamdan Soleh mengaku prihatin dengan peristiwa kecelakaan yang sudah merenggut nyawa tersebut.

“Secara pribadi maupun institusi kami menyesali dan prihatin dengan kejadian laka (Kecelakaan) di tanjakan Tajur,” kata Hamdan saat dikonfirmasi.

Hamdan menjelaskan, portal dipasang untuk membatasi kendaraan besar melewati tanjakan Tajur yang memang kondisi jalan labil dan membahayakan. Ia pun berharap agar kendaraan dengan bak terbuka tidak membawa penumpang.

**Baca juga:PKB Lebak Salurkan Zakat Mal untuk 1.500 Orang

“Apalagi kalau duduk di atas kap atau bak mobil. Kami berharap masyarakat lebih berhati-hati saat melewati tanjakan Tajur,” ujar Hamdan.

Hamdan mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi terlebih dahulu apakah pasca dibongkar warga, portal dengan tinggi 2,2 meter tersebut akan kembali dipasang.

“Kami evaluasi dulu,” tutup Hamdan.(Nda)