oleh

Tekan Penyebaran Virus Corona di Pandeglang, Irna-Tanto Tekankan Terapkan 3M

Kabar6- Bupati Pandeglang dan Wakil Bupati Pandeglang Irna Narulita – Tanto Warsono Arban berkomitmen untuk menekan angka penyebaran virus Corona di Pandeglang. Diketahui beberapa terakhir kasus Corona di Pandeglang mengalami peningkatan.

Upaya menekan angka penyebaran, Irna meminta kepada seluruh warga Kabupaten Pandeglang agar menerapkan 3 M (menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker).

Begitu juga semua tim tenaga kesehatan (Nakes) diminta tetap menjalankan 3 T yakni, Testing (pemeriksaan), tracking (pelacakan) dan treatment (pengobatan) dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku. Ia meminta agar seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Pandeglang terus berdoa dan ikhtiar.

“Kita semua harus tetap produktif walau pandemi Covid-19 belum berlalu. Namun jangan sampai melepaskan doa dan ikhtiar. Berdoa itu harus, begitupun ikhtiar harus tetap kita lakukan, maka dari itulah saya minta semuanya tetap berdoa dan ikhtiar,” kata Irna, Senin (21/9/2020).

Wanita pertama jadi Bupati Pandeglang ini tak memungkiri, tak sedikit masyarakat masih enggan menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-harinya. Maka dari itulah Pemerintah Daerah (Pemda) Pandeglang telah membuat Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 55 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Kami akan terus bekerja keras memberikan pemahaman betapa pentingnya berprilaku 3 M tersebut. Bahkan kami lakukan penindakan sesuai Perbup Nomor 55 Tahun 2020, jika ada masyarakat yang masih enggan memakai masker. Hal ini kami lakukan agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”katanya.

Menurutnya, salah satu ikhtiar yang dapat dilakukan dalam aktivitas sehari-hari harus menerapkan perilaku 3 M yakni, menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker. Diyakininya, 3 M itu dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“3 M senjata yang mesti kita gunakan dalam memerangi virus Corona. Tidak ada larangan masyarakat melakukan aktivitas, namun wajib menerapkan perilaku 3 M tersebut, supaya dalam aktivitas kita semua bisa menjaga diri sendiri, keluarga dan sesama,” jelas wanita yang bakal kembali maju di Pilkada 2020.

Wabup Pandeglang, Tanto Warsono Arban menambahkan, untuk memutus mata rantai Covid-19 tak bisa diperangi oleh Pemerintah saja. Namun menurutnya, semua lapisan masyarakat harus bersatu padu ikut memeranginya.Selain itu lanjutnya, 3 T yakni, Testing (pemeriksaan), tracking (pelacakan) dan treatment (pengobatan) juga harus diterapkan oleh masyarakat khususnya tim Nakes dalam melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19.

**Baca juga: 4 Kali Dapat WTP, Pemkab Pandeglang Diguyur Rp 30 Miliar.

“Memerangi Covid-19 ini perlu peran semua pihak, tak bisa hanya Pemerintah saja. Maka dari itulah kami mengharapkan semua lapisan masyarakat dapat menerapkan perilaku 3 M. saya yakin jika Pemerintah terus berkerja sesuai porsinya, masyarakat menerapkan 3 M dan Nakes intens melakukan 3 T, Covid-19 bakal cepat berlalu dan ekonomi terus membaik,” tandasnya. (Aep)

Berita Terbaru