oleh

Tekan Pencemaran Udara, BLHD Tangsel Uji Emisi Gratis

Kabar6-Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) berkerja sama dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) setempat uji emisi gratis untuk kenderaan roda empat pribadi.

Uji emisi yang digelar di Jalan Utama Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangsel, Senin (16/6/2014).

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya dalam pengendalian pencemaran udara, khususnya dari sektor transportasi,” ujar Anaf Rizal, Kasubid Pengawasan Pengendalian Limbah Padat, Kebisingan Getaran dan Kebauan BLHD Kota Tangsel.

Sedianya, uji emisi gratis ini merupakan yang kedua kalinya digelar pada tahun 2014. Dan, kali ini uji emisi ditargetkan bakal menjangkau hingga 500 kendaraan roda empat. Baik yang berbahan bakar premium mau pun solar.

“Ada tiga lokasi pelaksanaan uji emisi, sebelumnya pelaksanaan di wilayah Serpong, saat ini di Bintaro dan selanjutnya akan dilaksanakan di wilayah Pamulang,” ucap Anaf.

Anaf menjelaskan, uji emisi juga merupakan salah satu kriteria penilaian Adipura untuk kota besar. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi masyarakat, guna mengetahui kinerja mesin kendaraan pribadinya tidak berpotensi mencemari lingkungan dan mampu meminimalisir pencemaran udara. **Baca juga: Begini Kata Orangtua Korban Pos Ronda Maut di Serpong.

“Kegiatan ini merupakan salah satu cara meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mengurangi pencemaran udara, khususnya menekan laju peningkatan CO2,” jelas Anaf.(way)

Berita Terbaru