oleh

Tekan Nafsu Makan Melalui Feng Shui

Kabar6-Dalam feng shui, dapur adalah bagian penting dari kesehatan dan kekayaan. Itu artinya, dapur harus senantiasa bersih dan rapi.

 

Dapur dan nafsu makan memiliki hubungan yang erat. Penataan dapur yang tepat, dapat menekan nafsu makan. Ini dia tipsnya:

 

1. Kombinasikan makanan berwarna cerah sebanyak mungkin, dengan mengurangi makanan berwarna netral sebanyak sepertiga. Makanan pun mengandung chi. Nilai chi semangkuk sayuran hijau melebihi nilai chi sepiring pasta.

 

2. Jangan lupa untuk menyeimbangkan lima unsur feng shui yaitu tanah, logam, air, kayu, api, dan antara makanan Yin (alkaline) dan makanan Yang (asam). Jika chi tinggi, kemungkinan makan secara berlebihan akan berkurang.

 

3. Perabot makan disarankan memakai warna biru dan hitam, karena dapat memperlambat proses makan. Secara tidak sadar, warna piring dapat mempengaruhi nafsu makan. Warna-warna gelap mampu menekan nafsu makan. Sebaliknya, warna cerah akan merangsang nafsu makan. ** Baca juga: Jendela Minimalis Ala Feng Shui

 

4. Taplak meja hitam akan menekan nafsu makan. Jangan lupa menghias meja makan dengan bunga segar. Letakkan pula sesuatu yang berwarna hitam dalam kulkas.

 

5. Alunan musik lembut bisa memperlambat makan. Gunakan juga minyak chamomile atau rose oil sebagai aromatherapy dalam ruang makan, untuk menekan nafsu makan.

 

6. Menggunakan piring kecil persegi warna biru tua sebagai alas makan, dapat membantu mengurangi nafsu makan. Gunakan piring tersebut terutama saat makan malam. Selain menekan nafsu makan, warna biru juga menghilangkan rasa bersalah.

 

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengganti piring makan ukuran 12 inci dengan piring makan 10 inci dapat membantu berat badan turun 18 pon dalam setahun.

 

7. Cermin yang diletakkan dalam ruangan dapur, membuka energi cahaya dan udara, sehingga Anda akan terus bergerak dalam rumah, tanpa berhenti di kulkas untuk mengambil cemilan.

 

Selamat mencoba ya. (ilj)

Berita Terbaru