oleh

Tekan Geng Motor Serta Tawuran, Pelajar di Serang Diberi Nasehat WBP

Kabar6-Untuk menekan  angka tawuran antar pelajar serta geng motor, Rutan Klas IIB Sereng mengadakan sosilalisasi  pada siswa SMA sederajat di Kota Serang, Banten. Mereka mendapatkan pemahaman akibat yang didapat, jika melakukan tindak kriminal dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Kegiatan kerjasama dengan Koramil Cipocok untuk memberikan penyuluhan kepada siswa kita dari Kota Serang. Dimana, untuk mengurangi dampak kekerasan atau tawuran,” ujar Kepala Rutan Klas IIB Serang, Prayoga Yulanda, dikantornya, Rabu (07/12/2022).

**Baca Juga: Hati-hati Melintas, Ada Truk Mogok di Jalan Raya Cipocok Serang

Di penjara peninggalan Belanda dan telah berusia 137 tahun itu, ada WBP yang sudah vonis, serta tengah menjalani proses persidangan. Delapan pelajar di Ibu kota Banten itu mendapatkan pesan moral dari WBP, agar tidak terlibat tawuran serta menjadi anggota geng motor.

“Juga sudah disampaikan, diberi pembekalan, sudah ada janji dari siswa juga tidak akan melakukan itu, karena itu berdampak pada tindak kriminal,” terangnya.

Pembinaan perwakilan pelajar Kota Serang datang ke Rutan Klas IIB Serang agar mereka termotivasi menjadi generasi muda yang lebih baik dan bisa lulus dengan baik. Terlebih, pada 2023, mereka menjalani ujian akhir untuk kelulusan.

Kedepan, perwakilan pelajar SMA sederajat di Ibu Kota Banten juga akan berkunjung ke kantor polisi, agar lebih paham mekanisme penanganan hukum jika mereka terlibat tindak kriminal.

“Harapan kami dengan banyaknya tawuran dan geng motor, konsep ini bisa mengurangi atau memberi efek jera terhadap pelajar-pelajar ini,” ujar Danramil Cipocok Jaya, Lettu CAJ (K) Santi Martalia, Rabu (07/12/2022).

Di dalam Rutan Klas IIB Serang, selain mendapatkan sosialisasi dan bertukar pengalaman dengan WBP, para siswa juga diajak berkeliling ke sebagian lokasi penjara. Sehingga mereka mendapatkan pelajaran nyata kehidupan dibalik jeruji besi yang aktifitasnya terbatas.

“Bagaimana anak-anak yang dititipkan ke kami ini diberikan gambaran suasana, kemudian apasih yang akan mereka rasakan jika mereka terlibat dilingkungan tersebut,” jelasnya.(dhi)

Print Friendly, PDF & Email